Mohon tunggu...
Arnold C.Turang
Arnold C.Turang Mohon Tunggu... Bersama Merawat dan Pelihara Bumi Rumah Kita Dengan Bermartabat

Serva Ordinem et Ordo Servate - Verba volant Scripta manent

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Merawat Bumi Rumah Kita: Bersahabatlah dengan Daun Alpokat

10 April 2021   06:17 Diperbarui: 10 April 2021   06:22 115 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Bumi Rumah Kita: Bersahabatlah dengan Daun Alpokat
Ilustrasi gambar Tanaman Alpokat Daun dan Buah (diolah dari pixabay)

Tanaman adalah sesama mahluk ciptaan Ilahi, yang pasti menjadi penyeimbang bagi mahluk termulia (Manusia). Ketika kita bangun persahabatan dengan mereka, mereka akan memberi manfaat bagi manusia, termasuk Alpokat.

Daun tanaman Alpokat (Persea americana Mill.) yang tumbuh di pekarangan memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Khasiat tersebut, antara lain mengatasi teknanan darah tinggi (hipertensi) dan batu ginjal.

Selain hipertensi daun alpokat juga dapat mengobati: Penyakit Asma desentri, sakit perut, kencing manis, sariawan bengkak dapat diatasi oleh daun alvokad. Aneka manfaat tersebut membuat daun ini telah digunakan keperluan pengobatan tradisional oleh masyarakat Indonesia sejak lama.

Dalam artikel ini, akan menguraikan manfaat daun alpokat untuk hipertensi. Untuk mengobati tekanan dara tinggi (hipertensi). Biasanya, setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, pasti akan menerima resep obat dari dokter.

Namun, dari pengalaman penulis selain obat dokter, tentu perlu juga kita adaptif dengan kearifan local di mana kita tinggal. Dengan mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan kondisi tubuh, dan juga harus berolah raga ringan sesuai kondisi tubuh, tentu perlu juga coba sahabat disekitar kita. Salah satu yang dapat di coba, adalah daun tanaman Alpokat

Daun Alpokat, salah satu tanaman yang dapat digunakan atasi hipertensi. Tentunya sambil berkonsultasi ke dokter. Karena tidak semua darah respon positif dengan daun alpokat. Ya untuk saya, adaptif dan cocok dengan tanaman ini.

Pada daun alpokat, memiliki sifat anti hipertensi. Hal ini disebabkan karena didalam daun alpokat terdapat kandungan flavonoid, yang berfungsi mengendalikan tekanan darah. Alpokat (buah dan daun) kaya akan kandungan nutrisi.

Daun Alpokat, selain apuh mengobati hipertensi, juga penyakit lain seperti anti penyumbatan pembulu darah arteri karena adanya penumpukan kolestrol.Hal itu, tentu tidak baik. Karena jika saluran darah tersumbat, dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.

Nah, bagaimana agar dicoba daun alpokat ini. Karena dapat kita manfaatkan untuk mencegah penyakit berbahaya itu ?

Nah ini ada beberapa langkah yang dapat diidentifikasi dari beragam literature dan pengalaman dari penulis, saat mengkonsumsinya sebagai obat tradisional dan cepat di buat di rumah.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Cuci bersih 4-5 lembar daun alpokat
  • Siapkan air bersih secukupnya
  • Siapkan juga gula batu (aren)
  • Slanjutnya di proses dengan merebus air hingga mendidih, kemubian masukkan daun alpokat
  • Selanjutnya masukkan gula batu, untuk menghilangkan rasa pahit air rebusan daun alpokat
  • Setelah kira-kira 3 (tiga)menit, angkatlah rebusan
  • Saring ramuan yang telah direbus
  • Cara minum, 3 kali sehari, untuk hasl maksimal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x