Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Menikmati Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Kehilangan Fokus dalam Menulis? "Wildly Important" adalah Koentji

11 Mei 2020   14:46 Diperbarui: 13 Mei 2020   15:58 602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi mengemas ide dan gagasan menjadi sebuah tulisan. (sumber: pixabay.com)

Tak ada hujan tak ada angin, suatu hari seorang teman bertanya pada saya. “Bro, bagaimana sih bisa fokus saat sedang menulis sebuah artikel?”.

Gubraak. Saya terserempak bingung untuk menjawabnya. Ini kan pertanyaan sulit. Persoalannya, saya ini amatir soal yang beginian, level minimal pulak. Ibarat orang mau belajar nyetir mobil, tapi nanyanya pada mantan kondektur. Jadinya gelaplah isi dunia.

Tapi mamak saya pernah menasihati begini; kebahagiaan sejati itu adalah memberi dari kekurangan. Karena nasihat mamak itulah, lalu saya memberanikan untuk menjawab pertanyaan dari teman itu dengan amat seadanya.

“Soal fokus ya Bro? Baiklah. Fokus itu penting dalam hidup Bro” saya mulai bermanuver, sok tahu.

“Lalu…?” tanya teman saya tadi, seperti penasaran akan apa yang mau saya ungkapkan.

“Nah, supaya fokus, banyak minta ampun dosa, lalu hidup harus banyak tawakalnya”

“Lalu, hubungannya dengan fokus dalam menulis apa Bro?”

“Nah itu dia…Bro, sebelum membahas soal fokus dalam tulisan, lu minta ampun dosa lu dulu deh”.

“Kampr*t..”

***

Kurang lebih seminggu, sesudah percakapan yang hampir tak ada gunanya itu, saya tiba –tiba mendapat ilham tentang fokus ini, setelah rampung membaca sebuah buku bagus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun