Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Inilah Alasan Korban Tewas di Italia Akibat Virus Corona Sudah Lampaui China

20 Maret 2020   12:34 Diperbarui: 20 Maret 2020   13:11 4047 23 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Alasan Korban Tewas di Italia Akibat Virus Corona  Sudah Lampaui China
Sumber Gambar : AFP

 

Pagi ini saya membaca berita yang mengejutkan yaitu soal jumlah korban tewas akibat virus Corona di Italia yang telah melewati jumlah tewas di negara China, negara asal muasal covid-19.

Mengejutkan bagi saya karena angka kematian di Italia telah mencapai 3.405 yang artinya  melewati  jumlah korban meninggal dunia di China yang terhitung sekitar 3.200 orang.

Jika dibandingkan,  maka perkembangannya virus ini sangat cepat di Italia. 

Di China misalnya,  jumlah 3.200 itu terhitung sejak kasus covid-19  muncul pada desember 2019  hingga awal Maret 2020 sedangkan di Italia, Virus corona baru terungkap pertama pada 21 Februari 2020, di wilayah bagian utara negara itu.

Mengapa bisa begitu cepat, padahal pemerintah Italia telah melakukan  kebijakan lockdown selama hampir dua minggu untuk menghentikan laju penyebaran virus, bahkan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte berencana akan memperpanjang masa penguncian yang seharusnya berakhir pada 3 April mendatang ini.

Warga Italia Kurang Disiplin Tinggal di Rumah

Tenaga medis yang datang dari China untuk membantu Italia  memberikan pendapatnya, salah satunya melalui Wakil Presiden Palang Merah China, Sun Shuopeng. 

Sun mengatakan bahwa lockdown di Italia nampak tidak terlalu ketat karena karena masih banyak transportasi umum yang beroperasi, warga masih bisa berpesta dan  makan  malam. 

Padahal seharusnya semua warga perlu terlibat aktif untuk mengontrol dirinya untuk taat pada aturan pemerintah.

"Kami membutuhkan setiap warga untuk terlibat dalam perang melawan Covid-19," kata Sun, sembari  menyarankan  agar warga Italia untuk menghentikan semua kegiatan ekonomi dan semua orang harus tinggal di rumah.

Dari berita ini, perlu disimak dan sebaiknya pemerintah Indonesia segera belajar agar kondisi di Italia jangan sampai terjadi di tanah air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x