Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Fase Grup Liga Champions Usai, Liverpool Bertemu Real Madrid di 16 Besar?

12 Desember 2019   07:01 Diperbarui: 13 Desember 2019   08:35 1552 7 2 Mohon Tunggu...
Fase Grup Liga Champions Usai, Liverpool Bertemu Real Madrid di 16 Besar?
Ilustrasi: UEFA Champions League (Sumber: UEFA.com) via hai.grid.id

Babak fase grup Liga Champions 2019-2020, resmi usai beberapa jam yang lalu. Artinya dari 8 grup yang ada sudah resmi ada dua tim yang melaju ke babak 16 besar yang akan dipertandingkan di bulan Februari 2020.

Apakah ada kejutan? Dari enam belas tim yang lolos ini, tidak terlalu terlihat ada tim-tim yang membuat kejutan dalam arti menyingkirkan tim-tim arus utama (mainstream) dalam lima kali pertandingan. Meskipun demikian ada beberapa tim yang tetap patut diberikan apresiasi.

Dari Grup A, dua klub kaya raya asal Prancis dan Spanyol , Paris Saint Germain (PSG) dan Real Madrid melaju mulus ke babak berikut. Club Brugge (Belgia) dan Galatasaray (Turki) terlalu jauh jaraknya untuk mencapai level kedua tim ini. PSG sebagai juara grup sedangkan Madrid menjadi runner-up.

Di grup B, ceritanya hampir serupa. Bayern Munchen (Jerman) dan Tottenham Hotspurs melaju sebagai juara dan runner-up, meninggalkan Olympiakos Yunani dan klub Serbia, Red Star Belgrade.

Juara Liga Inggris, Manchester City terlampau tangguh di grup C. Namun grup ini masih menyisakan persaingan ketat untuk memperebutkan posisi runner-up hingga laga akhir grup. Dinamo Zagreb (Kroasia), Shatkhar Donetsk (Ukraina) dan Atalanta (Italia) saling jegal di laga akhir.

Salut bagi Atalanta. Klub asuhan Gianpiero Gasperini yang terkenal dengan permainan menyerangnya ini secara mengejutkan mengalahkan Shatkhar di laga tandang dengan skor telak 3-0. Shatkhar yang awalnya bercokol di posisi runner-up dengan nilai 6 harus dilewati Atalanta yang mengantongi poin 7.

Sedangkan, Dinamo Zagreb yang memiliki poin maksimal 8 jika menang,dipecundangi Manchester City dengan skor 1-4 di kandang sendiri. Atalanta menjadi klub ketiga Italia yang melangkah ke babak 16 besar. Setelah Napoli dan Juventus.

Di grup D, dinamikanya amat kecil. Dua klub berpengalaman Juventus dan Atletico Madrid melaju ke babak 16 besar. Juventus terlampau tangguh, bahkan di laga akhir, Leverkusen yang masih mempunyai peluang jika menang atas Juve, malah dikalahkan dengan skor 0-2 di Bay Arena.

Atletico yang harus menang di kandang sendiri, terlampau tangguh bagi Lokomotiv Moskow yang sudah tidak mempunyai harapan dengan skor serupa, 2-0. Juve juara grup, sedangkan anak-anak Diego Simeone menjadi runner-up.

Dari grup E, juara bertahan Liverpool keluar sebagai juara grup. Meski sepanjang fase grup kesulitan mengalahkan Napoli, akan tetapi Napoli juga sempat tertahan oleh perlawanan klub Austria, Salzburg dan Genk. Liverpool menjadi juara grup dengan nilai 13 sedangkan Napoli mengekor ketat dengan nilai 12 sebagai runner-up.

Grup F, menjadi salah satu grup yang juga berjalan ketat hingga akhir laga, terkhususnya perjuangan Borrusia Dortmund dan Inter Milan meraih posisi kedua setelah Barcelona tak tertandingi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN