Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Menikmati Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Ketika Petr Cech Akhirnya Memilih Pensiun

16 Januari 2019   05:54 Diperbarui: 16 Januari 2019   17:44 938
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Petr Cech memutuskan pensiun di akhir musim I Gambar : EPA

"Setelah bermain selama 15 tahun di Premier League, dan memenangkan setiap gelar juara yang ada, saya merasa saya telah meraih segalanya yang ingin saya raih. Saya akan terus bekerja keras untuk Arsenal agar semoga saja bisa memenangkan satu trofi lagi musim ini, kemudian saya akan sangat menantikan untuk melihat apa yang ditawarkan oleh hidup ini di luar lapangan."

Kiper Arsenal, Petr Cech memutuskan pensiun di akhir musim.  Keputusan ini cukup mengejutkan banyak pihak karena Cech masih dianggap cakap menjaga gawang di usianya yang sudah menginjak 36 tahun.

"Saya benar-benar terkejut. Tiga pekan lalu, saya mengunjungi tempat latihan dan bertemu dengan Leno dan Petr, saya melihat mereka dan sangat terkesan" ujar Bob Wilson, legenda dan mantan kiper Arsenal era 1963-1974.

"Anda tak bisa membedakan antara Cech dan Leno, reaksinya benar-benar masih terjaga. Menurut opini saya, pengunduran diri di umurnya saat ini membuat saya terkejut" tambah Wilson.

Apa yang dikatakan oleh Wilson memang ada benarnya. Awal musim ini saja, Cech masih menjadi pilihan utama Unay Emery, sebelum mengalami cedera hamstring. Sesudah itu, Emery nampaknya lebih memilih memainkan kiper Jerman, Bern Leno dibandingkan Cech.

Selain itu catatan sejarah menunjukan masih ada beberapa kiper yang sudah berusia di atas 30 tahun yang dapat  menunjukan performa yang meyakinkan. Di Arsenal, tentu saja teringat akan David Seaman, kiper yang penisun di usia 41 tahun, dan legenda Inggris Peter Shilton yang mencapai 43 tahun.

Musim ini saja, kiper Italia, Gianluigi Buffon masih menjadi pilihan di klub elit Prancis, PSG di usia yang sudah menginjak 40 tahun. Seharusnya, Cech yang dianggap masih memiliki kemampuan yang serupa juga harus mempunyai keyakinan yang sama.

Akan tetapi Cech yang lebih mengenal dirinya. Bagi Cech, 20 musim sebagai pemain professional adalah waktu yang cukup bagi dirinya untuk menyatakan kecintaannya kepada sepak bola sebagai seorang penjaga gawang.

"Ini adalah musim ke-20 saya sebagai pemain profesional dan sudah 20 tahun sejak saya menandatangani kontrak profesional, jadi ini terasa merupakan waktu yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun di akhir musim ini" tulis Cech di twitternya.

Mou dan Petr Cech I Gambar :Dailyexpress
Mou dan Petr Cech I Gambar :Dailyexpress
Keputusan untuk berhenti Cech juga menyentuh jiwa melankolik dari pelatih yang sangat dekat dengannya, Jose Mourinho. Mou yang membuat kiper bertinggi 1,96 m ini untuk mau pindah dari klub Prancis, Rennes dengan harga 7 juta pounds untuk bergabung dengan Chelsea di musim 2004.

Bersama Mou, Cech meraih dua gelar Liga Inggris dan berbagai gelar yang lain. Di dalam karirnya di Chelsea hingga 2015, Cech telah berhasil mempersembahkan total 15 gelar dari berbagai ajang, termasuk Premier League serta Liga Champions.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun