Arnold Adoe
Arnold Adoe Tukang Kayu

Menulis untuk berbagi... #FB : Arnold Adoe # Insta : Arnold_Adoe # Twitter : Arnold Adoe

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Bakat Terbaik Rusia Bernama Aleksandr Golovin

14 Juni 2018   00:51 Diperbarui: 14 Juni 2018   18:41 1827 1 0
Bakat Terbaik Rusia Bernama Aleksandr Golovin
Golovin, bakat terbaik Rusia saat ini I Gambar :dailystar

Dunia akan bergembira bersama di Stadion Luzhniki, malam ini waktu Indonesia. Ya, pesta sepak bola terbesar di jagat ini akan dimulai. Bintang pop Inggris, Robbie Williams akan bernyanyi dan semua orang di stadion akan bergoyang di seremoni pembukaan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sesudah itu? Beberapa orang itu mengatakan bahwa tak ada yang menarik lagi. Laga pembuka hanyalah laga "biasa" antara Rusia melawan Arab Saudi. Semua sudah diatur --tentunya bukan soal hasil. Rusia sebagai tuan rumah disenangkan dengan melakoni pertandingan pembukaan dan Arab Saudi dianggap sebagai tim underdog yang siap menyenangkan tuan rumah. Arab Saudi akan kalah? Tunggu dulu.

Melihat performa Rusia dalam berbagai uji coba (Rusia langsung lolos ke putaran final tanpa kualifikasi) dan juga penampilan Arab Saudi , maka keumngkinan besar pertandingan ini akan berjalan seimbang dan skor diprediksi berakhir seri.

Hanya itu berarti sia-sialah kemeriahan seremoni pembukaan jika tak ada yang menang dan kalah. Harus ada yang berteriak gembira, membusungkan dada sesudah pertandingan dan di lain sisi sang lawan harus keluar lapangan dengan tertunduk, jikalau perlu drama, terjadilah. Ini Piala Dunia!

Untuk mewujudkan itu harus ada pemain atau sosok penentu untuk memenangkan timnya. Oleh karena itu tanpa mengurangi rasa hormat terhadap Arab Saudi, jika harus memilih tim yang akan menang dan sosok pemain yang diperkirakan menjadi penentu maka saya akan memilih Rusia dan Aleksandr Golovin.

Bukan tanpa sebab saya memilih nama Golovin sebagai pemain yang paling dicermati dalam pertandingan pembukaan ini. Ada 3 alasan menarik yang dapat dikemukakan untuk menanti pemain yang disebut-sebut sebagai bakat terbaik Rusia saat ini.

Pertama, Golovin adalah bakat terbaik rusia yang menjadi rebutan klub-klub besar dalam bursa tranfer musim panas ini.

Tidak ada pemain lain di Timnas Rusia yang saat ini semenarik Golovin untuk mencuri perhatian klub-klub elit Eropa. Bahkan Golovin mungkin lebih diinginkan daripada zaman Andrei Arshavin dan Roman Pavlichenko dahulu. Nilai transfer Golovin cukup tinggi dengan mencapai 20 Juta Euro, tapi tidak menyurutkan niat klub-klub besar seperti Chelsea, Juventus, Arsenal dan Monaco memilikinya.

Dikabarkan bahwa Golovin sedikti lagi akan menjadi milik Juventus, namun apapun masih dapat terjadi. Pihak Juventus ingin bergerak cepat karena sadar bahwa harga Golovin bisa melonjak naik apabila Golovin sanggup memberikan penampilan terbaik di laga-laga Piala Dunia nanti.

Kedua, skill dan visi bermain Golovin yang terlihat matang.

Golovin baru berusia 22 tahun tapi sudah mendapat kesempatan bermain reguler di timnas maupun di klub CSKA Moskow. Sampai saat ini Golovin sudah mempunyai 19 caps di Timnas Rusia senior dengan menyumbangkan 2 gol. Sedangkan di CSKA Moskow, musim ini Golovin sduah melakoni 27 pertandingan dengan 5 gol dan 4 assist.

Hal ini dikarenakan pemain yang berposisi sebagai gelandang ini, mampu bermain ciamik baik sebagai gelandang yang berada di belakang striker, bergerak dari sisi kiri sampai bertugas sebagai pengatur serangan sebagai playmaker maupun deep playmaker.

Beragam posisi ini berhasil dengan baik diperankan Golovin, karena memiliki modal kemampuan men-dribble bola di atas rata-rata serta memberi assist yang akurat hingga sanggup membaca visi permainanJikalau Arab Saudi ingin mendapatkan hasil positif di laga ini, maka mereka harus segera mematikan pergerakan Golovin agar jangan terlalu bebas.

Ketiga, Golovin dianggap setara bahkan lebih hebat dari Miralem Pjanic.

Gaya bermain Golovin oleh beberapa pengamat sepak bola menyerupai Miralem Pjanic, gelandang kreatif Juventus asal Bosnia. Rumornya, pembelian Golovin adalah cara Juventus untuk mencari pemain yang sepadan bagi Pjanic yang diisukan akan berpindah klub dengan membela Barcelona di musim depan.

Ah, sehebat itukah Golovin? Jika melihat video permainan Golovin, tampak bahwa Golovin memang mampu memberikan umpan-umpan matang pada para striker, meliuk-liuk dan sanggup mengelabui lawan dengan skill mumpuni. Selain itu Golovin juga mampu mengatur permainan dengan baik di level klub maupun timnas.

Namun tentu saja berbeda membandingkan skill pemuda yang baru berusia 22 tahun itu dengan Miralem Pjanic. Tingkat persaingan di Liga Rusia tidak setingkat dengan Seri A, La Liga dan tentunya Premier League.

Artinya bahwa pembuktian sebenarnya bagi Golovin adalah di Piala Dunia ini. Golovin harus sanggup membuktikan bahwa dari kaki dan sundulannya gol tercipta dan juga mampu menciptakan umpan-umpan kreatif yang mampu dimanfaatkan rekannya menjadi gol.

Lawan Golovin bersama Rusia selain Arab Saudi masih ada Mesir dan Uruguay. Mencoba untuk segera menarik gas kencang dengan mempertotonkan penampilan yang maksimal adalah langkah terbaik Golovin untuk memperkenalkan siapa dirinya. Apalagi Arab Saudi bisa jadi adalah lawan terlemah Rusia di grup ini.

Jika berhasil, sinar Golovin akan semakin terang benderang dan bersama pemain senior seperti Dzagoev dan Akinfeev, bakat terbaik Rusia ini dipercaya dapat membawa negaranya melangkah lebih jauh di tanah mereka sendiri.

Kita nantikan penampilan Golovin dan jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda.

Salam