Mohon tunggu...
Arnold Reynold
Arnold Reynold Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dampak Kekerasan Seksual pada Perempuan yang Perlu Anda Ketahui

3 November 2023   11:42 Diperbarui: 3 November 2023   12:21 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kekerasan seksual dan pemerkosaan adalah isu yang sangat serius dan memilukan, terutama ketika menimpa perempuan di bawah umur. Kejadian ini tidak hanya merusak fisik, tetapi juga menyebabkan dampak emosional dan psikologis yang berkepanjangan. Kita perlu membahas dampak yang dialami oleh para korban agar kita semua lebih sadar akan pentingnya mendukung mereka dan mencegah insiden serupa. Berikut adalah beberapa dampak yang perlu kita ketahui:

  1. Trauma dan Gangguan Kesehatan Mental Kekerasan seksual dapat menyebabkan trauma psikologis yang mendalam pada korban, terutama jika mereka masih di bawah umur. Korban mungkin mengalami gangguan stres pasca-trauma (PTSD), depresi, dan ansietas yang berkepanjangan. Mereka mungkin merasa malu, bersalah, dan memiliki rasa rendah diri yang mendalam.

  2. Gangguan Hubungan Sosial Dampak psikologis yang diakibatkan oleh kekerasan seksual dapat mempengaruhi hubungan sosial korban. Mereka mungkin menjadi lebih tertutup, sulit berkomunikasi, atau menghindari interaksi sosial. Hal ini bisa merusak hubungan mereka dengan teman, keluarga, dan teman sebaya.

  3. Kerusakan Diri dan Perilaku Merusak Beberapa korban kekerasan seksual mungkin mengalami perubahan perilaku yang merusak diri. Ini bisa termasuk penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan, perilaku seksual yang berisiko, dan gangguan makan. Merusak diri adalah cara yang salah untuk mengatasi trauma, dan bisa membuat korban semakin rentan terhadap bahaya.

  4. Dampak pada Pendidikan Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan anak-anak dan remaja. Kekerasan seksual dapat menghambat kemampuan korban untuk berkonsentrasi dan belajar. Mereka mungkin sering absen dari sekolah karena merasa takut atau malu. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengganggu perkembangan pendidikan mereka.

  5. Kehilangan Kepercayaan pada Orang Dewasa Korban sering kali merasa kecewa dan kehilangan kepercayaan pada orang dewasa yang seharusnya melindungi mereka. Ini dapat membuat mereka merasa kesepian dan terasing. Penting bagi kita untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di sekitar anak-anak kita.

  6. Dampak pada Kesehatan Fisik Selain dampak psikologis, kekerasan seksual juga dapat menyebabkan dampak fisik. Korban mungkin mengalami cedera fisik akibat serangan, seperti lebam, luka, atau infeksi. Mereka juga berisiko tertular penyakit menular seksual (PMS) jika pelaku tidak menggunakan perlindungan. Oleh karena itu, pengobatan medis dan konseling sangat penting setelah insiden kekerasan seksual.

  7. Dampak Jangka Panjang Dampak kekerasan seksual pada perempuan di bawah umur bisa berlangsung seumur hidup. Mereka mungkin menghadapi kesulitan dalam hubungan cinta, pernikahan, atau pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi korban untuk mendapatkan dukungan dan perawatan yang tepat sesegera mungkin.

Penting bagi kita semua untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak kekerasan seksual pada perempuan di bawah umur dan berperan aktif dalam mencegahnya. Ini termasuk mengajar anak-anak tentang batasan pribadi, memberikan dukungan kepada korban, dan bekerja sama dengan lembaga dan pihak berwenang untuk mengejar keadilan.

Penting juga untuk memberikan perhatian khusus kepada isu ini di lembaga pendidikan, rumah sakit, dan lembaga sosial. Kita perlu menciptakan masyarakat yang aman bagi anak-anak di mana mereka merasa nyaman melaporkan insiden kekerasan seksual, dan di mana pelaku dihukum sesuai dengan hukum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun