Mohon tunggu...
Arnold Mamesah
Arnold Mamesah Mohon Tunggu... Infrastructure and Economic Intelligent - Intelconomix : Dig Data - Derive Information - Develop Knowledge - Deploy Intelligence

Infrastructure and Economic Intelligent - Intelconomix : Dig Data - Derive Information - Develop Knowledge - Deploy Intelligence

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Trilema Perekonomian Indonesia

27 Mei 2016   19:29 Diperbarui: 27 Mei 2016   19:39 0 1 2 Mohon Tunggu...
Trilema Perekonomian Indonesia
Prepared by Arnold M.

Trilema

Mencermati kondisi yang dihadapi perekonomian Indonesia, 3 (tiga) hal sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan membutuhkan penanganan khusus yaitu Infrastruktur, Investasi, dan Income atau Pendapatan melibatkan pendapatan negara khususnya melalui pajak dan pendapatan masyarakat. Ketiganya berkaitan erat dan saling mempengaruhi serta sulit untuk menentukan prioritas yang perlu segera diselesaikan. Kondisi demikian disebut : Trilema.

Investasi merupakan syarat perlu untuk memastikan peningkatan pertumbuhan masa mendatang; infrastruktur menjadi urat nadi kegiatan perekonomian yang selanjutnya merupakan faktor utama dalam "income" atau pendapatan.

Peringkat dan Indeks sebagai Indikator

Merujuk pada hasil "World Investment Prospects Survey" UNCTAD terhadap target "overseas-investment", Indonesia berada pada peringkat tinggi seperti diberikan pada Peraga-1.

Sumber Gambar: UNCTAD Survey
Sumber Gambar: UNCTAD Survey
Sumber Informasi : UNCTAD Survey

Dari peringkat UNCTAD, posisi Indonesia pada peringkat-3, terbaik dari antara ASEAN-6, dan India.

Merujuk pada kajian World Bank terhadap peringkat Ease of Doing Business dan World Economic Forum pada Global Competitiveness Index, peringkat Indonesia dengan ASEAN-6, India, dan China diberikan pada Peraga-2.

Sumber Gambar: World Bank Report
Sumber Gambar: World Bank Report
Sumber Informasi : World Bank Report (Ease of Doing Business) dan World Economic Forum (GCR : Global Competitiveness Ranking). Warna merah pada tabel merupakan 3 peringkat terendah dalam masing-masing kolom.

Salah satu faktor yang sering disebut sebagai kendala dalam investasi di Indonesia adalah infrastruktur dalam mendukung kegiatan perekonomian; peringkat Indonesia dibandingkan dengan ASEAN-6, India dan China diberikan pada Peraga-3.

Sumber Gambar: World Bank Report
Sumber Gambar: World Bank Report
Sumber Informasi : World Bank - Logistic Performance Index. Warna merah berarti 3 peringkat terendah; Indeks 1 (terendah) - 5 (tertinggi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x