Mohon tunggu...
Arnold Mamesah
Arnold Mamesah Mohon Tunggu... Infrastructure and Economic Intelligent - Urbanomics - Intelconomix

Infrastructure and Economic Intelligent - Urbanomic - Intelconomix

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Internasionalisasi Renminbi : Kebanggaan Semu China

30 November 2015   15:41 Diperbarui: 1 Desember 2015   00:25 518 0 0 Mohon Tunggu...

Internasionalisasi Renminbi

Dalam pertemuan Executive Director IMF (International Monetary Fund) pada 30 November 2015, telah diambil keputusan(*) memasukkan mata uang China Renminbi (Yuan - CNY), sering juga disebut Internasionalisasi CNY, ke dalam basket mata uang IMF yang dikenal sebagai SDR (Special Drawing Right). Selanjutnya, basket mata uang SDR akan terdiri dari Dolar Amerika (USD), Euro, Great Britain Pound Sterling (GBP), dan Yen Jepang (JPY), dan CNY.

Dengan masuk dalam basket SDR, CNY harus tersedia dan dipergunakan secara luas termasuk dalam perdagangan global. Juga, Bank Sentral China (PBoC atau People's Bank of China) harus membebaskan nilai tukar CNY terhadap mata uang asing (umumnya Dolar Amerika atau USD) yang saat ini berfluktuasi terbatas untuk menjadi bergerak "bebas" atau "free floating". Sejak 12 Agustus 2015, PBoC sudah membebaskan secara terbatas tetapi "rentang fluktuasi harian" tidak lebih dari 2,5%. 

Untuk dipahami, secara umum penggunaan mata uang asing dan nilai tukarnya (misalnya : USD, Euro, GBP, JPY, Dolar Singapore : SGD, Dolar Australia : AUD, Baht Thailand : THB), bagi individu atau keluarga yang mengadakan perjalanan ke luar negeri perlu mengkalkulasi biaya perjalanan beserta belanja; atau berkaitan dengan biaya sekolah anak di luar negeri. Bagi korporasi, nilai tukar diperlukan untuk rujukan konversi harga jual atau beli dengan dalam bertransaksi (ekspor atau impor) dengan mitra dagang di luar negeri, nilai simpanan, atau nilai utang yang dilakukan dalam mata uang asing. Bagi pemerintah nilai tukar akan berkaitan dengan anggaran belanja (defisit anggaran), dan utang luar negeri (pemenuhan kewajiban).

Bagaimana dampak internasionalisasi CNY bagi China ?

Foreign Reserve dan Neraca Perdagangan

Foreign Reserve (Cadangan dalam bentuk Mata Uang Asing) dan Neraca Perdaganan China diberikan pada Grafik-1.

Sumber informasi : 

1. Foreign Reserve Information : China - State Administration of Foreign Exchange

2. Trade Information : National Bureau of Statistic - China

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x