Mohon tunggu...
Arnol Goleo
Arnol Goleo Mohon Tunggu... Lainnya - GOLMEN

Penaku bercerita.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Dalam Menghadapi Masalah: Perlukah Bantuan Orang Lain?

13 Januari 2024   20:42 Diperbarui: 13 Januari 2024   20:56 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Kita hidup tentu tidak terlepas dari orang lain sebab kita tidak hidup sendirian ada orang lain di sekitar kita baik orang tua, sahabat atau kolega.

Selain itu, kita sebagai manusia harus memiliki prinsip hidup yang tentu ada pada setiap individu, dan harusnya ada ditanamkan dalam diri seseorang.

Sebab, setiap pribadi punya visi, masalah dan cara menyelesaikannya yang tentu saja berbeda dengan orang lain sehingga diperlukan rasa kemandirian atau batas-batas tertentu (tidak terlalu bergantung terhadap orang lain).

Batas-batas yang penulis maksudkan dalam artikel ini adalah kita, termasuk penulis, harus belajar hidup mandiri. Artinya, kita tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Sesulit apapun persoalan yang dihadapi seseorang tentu saja mampu mengatasi tergantung pribadi seseorang dalam  merespon setiap persoalan yang datang atau dihadapi hal tersebut.

Baca juga: Bukan Waktunya Lagi

Dengan begitu, seseorang mampu dan terlatih dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi sendirian baik yang ringan maupun yang rumit sekalipun.

Jika seseorang selalu tergantung terhadap orang lain walau itu hal terkecil maka otomatis tidak mampu menghadapinya. Apalagi persoalan yang lebih besar atau sulit.

Tentu saja, kita memerlukan orang lain baik itu saran atau bantuan secara langsung (tindakan). Namun seseorang harus menyadari bahwa tidak semua persoalan itu sulit dihadapi sendiri dan tidak semua masalah yang kita hadapi orang lain dapat meresponnya dengan serius.

Ketika seseorang tidak merespon atau tidak lagi membantu dengan persoalan yang tengah dihadapi bukan berarti orang lain tidak peduli.

Karena mungkin saja menurut mereka itu masih dalam batas wajar atau masih bisa diatasi sendirian tanpa bantuan darinya.

Jadi, bagaimana seharusnya seseorang menghadapi persoalan yang dihadapi? Apakah kita harus berani mengatasi sendirian atau memerlukan bantuan orang lain?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun