Mohon tunggu...
Armalia Agustin
Armalia Agustin Mohon Tunggu... Edukasi

Selamat belajar :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Mengikuti Kegiatan Pramuka Sejak Dini

26 Januari 2021   07:48 Diperbarui: 26 Januari 2021   08:10 69 1 0 Mohon Tunggu...

PENTINGNYA MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA SEJAK DINI

Hallo Prajamuda karana ku..
Kali ini Lia bakal ngajak kalian buat bahas apa saja yang menyangkut tentang pentingnya mengikuti kegiatan pramuka nih.. yukkk simakk!!!

Kegiatan pramuka sering kali kita temui hampir di berbagai sekolah bahkan kampus sekalipun. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter yang baik dan pastinya berpedoman dengan Dwi Satya dan Dwi Dharma bagi siaga dan Tri Satya dan Dasa Dharma bagi penggalang dan seterusnya.
Mari kita kupas isi dari Dwi Satya dan Dwi Dharma untuk yang masih Siaga yuk :
" DWI SATYA" : Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan yang maha esa dan mematuhi aturan keluarga"
Nahh, dari dwisatya kita dapat mengambil inti bahwa ketika masih kecil pun kita sudah di ajari bahwa akan tetap patuh terhadap tuhan serta menaati peraturan keluarga. Agar kedepan  nya dapat menjadi menjadi pribadi yang taat agama serta berbakti dengan kedua orang tua.
"DWI DHARMA" : nahh.. isi dari dwi dharma mengajarkan bahwa siaga itu tidak pernah [utus asa, dan tetap menuruti ayah ibundanya. Meskipun seorang siaga sudah berjuang akan tetapi peraturan ayah ibunda nya tetap di jalankan.
Ketika kita sudah menjadi seorang siaga maka kita akan menjadi seorang penggalang dengan ketentuan umur dan menjadi seorang penegak setelahnya dengan penuh tanggung jawab. Yuk mari kita simak pedoman nya yang amat penting ini !!!

TRI SATYA : DEMI KEHORMATANKU, AKU BERJANJI AKAN BERSUNGGUH-SUNGGUH MENJALANKAN KEWAJIBANKU TERHADAP TUHAN YANG MASA ESA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SERTA MENGAMALKAN PANCASILA, MENOLONG SESAMA HIDUP DAN IKUT SERTA MEMBANGUN MASYARAKAT, MENEPATI DASA DHARMA.
DASA DHARMA PRAMUKA :

  • TAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA
    CINTA ALAM DAN KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA
    PATRIOT YANG SOPAN DAN KSATRIA
    PATUH DAN SUKA BERMUSYAWARAH
    RELA MENOLONG DAN TABAH
    RAJIN, TERAMPIL, DAN GEMBIRA
    HEMAT, CERMAT, DAN BERSAHAJA
    DISIPLIN, BERANI, DAN SETIA
    BERTANGGUNG JAWAB DAN DAPAT DI PERCAYA
    SUCI DALAM PIKIRAN, PERKATAAN, DAN PERBUATAN

Nahh.. itu dia pedoman kita ketika bergabung dalam organisasi pramuka, yang pastinya membentuk karakter terbaik kita. Selamat berjuang Prajamuda Karana kuu... see you again

Penulis : Armalia Agustin_Ilmu Komunikasi_1B_Universitas Trunojoyo Madura

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x