Mohon tunggu...
arletta shafaprasetyo
arletta shafaprasetyo Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa di UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menghadapi Permasalahan Hubungan LDR terhadap Keluarga serta Bagaimana Solusinya?

11 Juni 2021   22:14 Diperbarui: 11 Juni 2021   22:26 45 1 0 Mohon Tunggu...

LDR (Long Distance Relationship) atau biasanya disebut dengan hubungan jarak jauh ini sering dialami oleh sepasang kekasih maupun di dalam sebuah hubungan keluarga, LDR di sebuah keluarga sering terjadi karena beberapa faktor, contohnya seperti banyak keluarga yang tinggal di pedesaan mereka memilih untuk bekerja di kota maupun luar negeri untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, faktor ekonomi tersebut yang banyak menjadi alasan seseorang mengambil keputusan sulit untuk rela jauh dengan istri,suami maupun dengan anak anak mereka. Kemudian ada juga yang dikarenakan oleh faktor pendidikan dimana banyak anak rantau dari luar daerah untuk menuntut ilmu di tingkat universitas.
      Hubungan LDR (Long Distance Relationship) di dalam sebuah keluarga dapat mengakibatkan beberapa resiko seperti rasa kangen yang berlebih, rasa percaya terhadap keluarga di rumah mulai menurun, karena tidak bertemu di waktu yang cukup lama dan tidak dapat diprediksi kapan akan pulang. Untuk menghindari hal-hal seperti itu terjadi, Maka harus ada beberapa solusi untuk mengatasinya seperti sebagai berikut:
1. Menjaga pola komunikasi.                                  

 Bagi keluarga yang sedang LDR harus bisa saling menjaga pola komunikasi dengan baik, Di Era modern sekarang sudah banyak alat komunikasi canggih seperti handphone Android yang bisa di akses oleh internet dan juga banyak aplikasi sosial media yang dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh contohnya, WhatsApp yang bisa dibuat video call untuk saling bertukar kabar satu sama lain.
2. Harus dapat beradaptasi.                            

      Seseorang yang sedang LDR harus dapat beradaptasi dengan keadaan maupun lingkungan sekitar, seperti halnya ketika seorang suami ditinggal istrinya bekerja suami harus bisa mengurus anak dan mengurus pekerjaan rumah tangga ataupun sebaliknya.
3. Saling percaya satu sama lain.              

          Kepercayaan sangatlah penting bagi pasangan ataupun keluarga sedang LDR karena rasa percaya satu sama lain dapat menghindarkan dari pikiran pikiran negatif di dalam sebuah hubungan.
 
      Hubungan LDR harus dijaga sebaik mungkin agar terhindar dari hal-hal negatif yang tidak diingikan, maka harus ada solusi untuk mengatasinya,itulah beberapa solusi agar pasangan ataupun keluarga yang sedang LDR tetap menjamin hubungan yang harmonis walaupun sedang berhubungan jarak jauh.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x