Mohon tunggu...
Arkilaus Baho
Arkilaus Baho Mohon Tunggu...

Duluan ada manusia daripada agama. Dalam kajian teori alam, bahwa alam semesta ini usianya 14.000 juta tahun, baru setelah 10.000 juta tahun kemudian terdapat kehidupan di bumi ini. Manusia jenis Homo Sapiens baru ada 2 juta tahun yang lalu, sedangkan keberadaan agama malah lebih muda dari kemunculan agama yaitu 5 ribu tahun lalu. B.J Habibi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

AFC CUP 2014: Persipura Pimpin Klasemen Groub E

12 Maret 2014   06:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:02 783 1 0 Mohon Tunggu...

Persipura Jayapura, wakil Indonesia pada AFC CUP berhasil memimpin klasemen grub E usai memetik 4 poin pada 2 kali pertandingan. Mengalahkan Curchill 2-0 di kandang sendiri serta imbang Home United 1-1 di Jalan Besar Stadium Singapura. Pelatih Persipura pun mengakui, hasil ini cukup bagi tim dan bisa tidur nyeyak di malam hari, katanya. Lanjutnya, Home United (HU) semestinya banyak peluang untuk menambah poin, tapi ya, kami tetap juga mengimbangi pertandingan ini. Pelatih HU sendiri, dikutip dari situs, http://www.the-afc.com, mengaku kecewa dengan penyelesaian akhir anak asuhnya disaat beberapakali peluang seharusnya gol, tapi nyatanya tidak.

Susunan pemain, kedua tim, untuk Persipura Jayapura, kali ini menurunkan Boakay Foday, sementara HU sendiri mengaku banyak pemainnya yang cedera, namun mereka punya banyak pemain. Pemain Home United: Shahril, Ismail Yunos, Preciuos, Jumaat, Yasir Hanapi, Izzdin Shafiq, Lee Kwan Woo, Fazli Ayob, Syahiran, Camara, Qiu Li. Pemain Persipura Jayapura: Yoo Jae Hoon, Fakdawer, Bio Paulin, Beroperay, Tinus Pae, Manu Wanggai, Lim Jung Sik, Ian Kabes, Boakay Foday, Gerald Pangkali, Boaz Solossa.

Tampil di kandang, Home langsung menggebrak. Pada menit ke-2, penyerang andalan mereka Qiu Li melakukan penetrasi ke pertahanan Persipura. Untungnya upaya tersebut masih bisa dihentikan barisan belakang Mutiara Hitam. Persipura gantian mengancam di menit 12. Boaz Solossa melepaskan tembakan voli setelah menerima umpan silang Tinus Pae. Sayang, kiper Shahril mampu menepis bola yang mengarah ke gawang. Meneit 26 Home benar-benar mencetak gol. Yasir Hanapi melepaskan tembakan lob yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Yoo Jae Hoon. Skor 1- buat wakil Singapura tersebut bertahan sampai waktu jeda.

Tak tinggal diam, Boaz Solossa dkk coba membalas. Sayangnya umpan Yustinus Pae dari sayap kanan, gagal dimaksimalkan Boaz karena mampu ditepis penjaga gawang Shahril. Tidak ingin terus ditekan, Home United berbalik menyerang. Pada paruh waktu kedua Persipura tampil semakin ngotot. Sejumlah peluang emas mampu dihasilkan diantaranya melalui Ian Kabes, Boaz dan Gerald Pangkali, tapi tak satupun yang membuahkan hasil.

Di babak kedua Persipura yang tertinggal 1 gol, coba untuk meningkatkan tempo serangan. Selain melakukan tusukan dari sisi sayap dan tengah, pergantian pun dilakukan Jacksen F Tiago dimenit ke-56 dengan masukan Yohanes Ferinando Pahabol. Keputusan tersebut rupanya tepat. Pasalnya dimenit ke-74 Pahabol sukses mengubah skor menjadi imbang 1-1. Striker Persipura ini berhasil merobek gawang Home United, setelah memanfaatkan bola rebound berkat kemelut di mulut gawang. Kedua kubu, dilansir media bola online,  sama-sama kembali meraih peluang di 15 menit waktu sisa. Hanya saja mereka tak mampu memaksimalkannya menjadi gol tambahan. Pertandingan pun disudahi dalam kedudukan sama kuat 1-1.

Sebelum meninggalkan markas Home United malam ini, Jacksen F. Thiago ketika diwawancarai media AFC, mengatakan, Ada kesenjangan yang meningkat antara pertahanan dan serangan di babak kedua ketika dia harus memikirkan taktik yang lebih baik dari babak pertama. Jacksen mengakui klub Singapura memberi timnya malam yang sulit. "Kami telah melihat banyak video dari tim ini, tapi malam ini adalah sisi terbaik yang telah saya lihat mereka (Home United) beramain, katanya.

Menurut Jacko "Persipura memberi mereka terlalu banyak ruang dan memungkinkan mereka untuk mengontrol lini tengah di babak pertama, terutama setelah mereka mencetak gol dan mulai menikmati sepakbola mereka. " tuan rumah sedang berjuang di babak kedua, tapi kami juga lelah dan beruntung dengan peluang kami. Jadi satu poin sudah cukup baik bagi kita, pungkas Jacksen.

Hasil dua kali pertemuan grub E, terhitung selasa 11 Maret 2014, membawa Persipura puncaki klasemen dengan 4 poin, disusul Churchill 3 poin, berikutnya NEW RADIANT SC 3 poin dan Home United juru kunci dengan 1 poin. Sementara Wakil Indonesia di grub F, Arema berada di urutan 3 klasemen grub dengan poin 1. Puncak Klasemen grub F diduduki oleh Hanoi, urutan kedua Selangor dan urutan akhir Maziya. Nah, babak lanjutan grub E, Persipura Jayapura vs New Radiant SC 18 Maret 2014 mendatang live dari Papua.

VIDEO PILIHAN