Mohon tunggu...
Kuntoro Tayubi
Kuntoro Tayubi Mohon Tunggu... Journalist -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis adalah ruh, dan menebar kebaikan adalah jiwaku. Bagiku kehidupan ini berproses, karena tidak ada kesempurnaan kecuali Sang Pencipta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kota Tegal Punya Layanan Satu Pintu BKPPD

17 Februari 2018   20:34 Diperbarui: 17 Februari 2018   20:39 608
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, dapat memanfaatkan pelayanan administrasi satu pintu yang belum lama ini diluncurkan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) setempat.   Hal ini untuk mempermudah akses informasi kepegawaian dan pelayanan administrasi agar lebih efektif dan efisien.

Kepala BKPPD, Irkar Yuswan Apendi, mengatakan pelayanan satu pintu memiliki prinsip utama memberikan pelayanan terbaik pada ASN Pemerintah Kota Tegal, dengan motto Melayani Dengan Hati, Melayani Tanpa Pungli. Dengan Pelayanan satu pintu ini, berarti mendekatkan pelayanan kepada ASN di lingkungan pemerintah Kota Tegal.

Pelayanan satu pintu BKPPD juga akan menerima bentuk pengaduan, keluhan, kritik dan saran ASN yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian. Dengan waktu pelayanan Senin sampai dengan Kamis 08.00 WIB -- 15.30 WIB dan khusus Jum'at buka pada 08.00 WIB -- 10.30 WIB.

"Pelayanan dibagi dalam tiga bentuk, yakni layanan konsultasi administrasi kepegawaian, layanan dan pengambilan surat atau berkas, dan layanan konsultasi psikologi," kata Ikrar, Jumat, 17 Februari 2018.

Sementara itu Plt Wali Kota Tegal, M Nursholeh berharap peluncuran pelayanan satu pintu BKPPD ini bisa memotivasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Ia mengapresiasi peluncuran pelayanan ini, sebab menurutnya dengan pelayanan administrasi terpadu pengelolaan administrasi tidak ketinggalan jaman.

"Ini senada dengan pesan Presiden Republik Indonesia bahwa semua pelayanan harus dapat dilayani dengan cepat. Saya berharap pelayanan administrasi kepegawaian kedepan bisa lebih efektif  dan bisa dirasakan manfaatnya oleh ASN Kota Tegal," pungkasnya.

Saat ini pelayanan satu pintu BKPPD Kota Tegal menyediakan 15 jenis pelayanan administrasi kepegawaian, di antaranya penerimaan surat/berkas masuk dan pengambilan surat/berkas; pembuatan karis/karsu, karpeg dan kpe; pelayanan administrasi cuti; ijin perkawinan & perceraian pns; pelayanan kenaikan pangkat pns; pelayanan mutasi pns masuk atau keluar; pengurusan pengangkatan dan kenaikan jabatan fungsional; layanan konsultasi psikologi; pengurusan pensiun pns; pengurusan legalisasi bapertarum pns; pengurusan ijin belajar, tugas belajar dan ijin penggunaan gelar; pelayanan ijin diklat keluar daerah; layanan ujian dinas; layanan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah (ukppi); dan layanan pembuatan id card.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun