Mohon tunggu...
Ariyani Na
Ariyani Na Mohon Tunggu...

Hidup tidak selalu harus sesuai dengan yang kita inginkan ... Follow me on twitter : @Ariyani12

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Dilan 1991, Cinta Saja Tidak Cukup

28 Februari 2019   17:17 Diperbarui: 28 Februari 2019   17:47 0 10 6 Mohon Tunggu...
Dilan 1991, Cinta Saja Tidak Cukup
Sumber Gambar : Tribunnews.com

Lima dari enam studio bioskop yang saya kunjungi hari ini menayangkan Dilan 1991, dan tampaknya akan terus dipenuhi penonton yang penasaran dengan lanjutan kisah romantis pada film Dilan 1990.

Berbeda dengan saat menyaksikan Dilan 1990, saya sudah terlebih dahulu menyelesaikan membaca novel karya Pidi Baiq dengan judul "dia adalah Dilanku Tahun 1991", sehingga saat menyaksikan adegan di layar bioskop, ingatan saya langsung terhubung dengan cerita yang ada di novelnya.

Hanya sedikit bagian yang ada di novel Dilan 1991 yang tidak ditayangkan, seperti cerita kedatangan Milea ke pemakaman ayah Dilan dan disana Milea melihat seorang perempuan yang disebut sebagai pacar baru Dilan.

Meskipun tidak sebanyak dan tidak segreget di Dilan 1990, di film Dilan 1991 kita masih dihibur dengan dialog-dialog romantis antara Dilan dan Milea, juga celotehan-celotehan spontan Dilan yang cukup membuat penonton tertawa, contohnya saat ditanya apa cita-citanya, Dilan menjawab, "Aku ingin menikah denganmu!".

Bagi yang senang dengan cerita happy ending, perasaan setelah menyaksikan Dilan 1991 tentu tidak akan sama dengan Dilan 1990, karena sesuai dengan cerita di novelnya, Dilan dan Milea putus dan akhirnya memiliki kehidupan masing-masing.

Cinta Saja Tidak Cukup

Putusnya Dilan dan Milea membuktikan bahwa cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan sebuah hubungan, perlu sebuah kerendahan hati untuk saling menyesuaikan diri dan tidak memaksakan pasangan sesuai dengan apa yang kita inginkan, meskipun dengan alasan kebaikan pasangan kita sendiri.

Keburukan dari sebuah hubungan adalah saat kita ingin menjadikan pasangan kita sesuai yang kita inginkan karena merasa orang tersebut sudah menjadi milik kita, padahal sejatinya pasangan kita tetap memiliki hak untuk menjadi dirinya sendiri dan keinginan untuk menyesuaikan diri tentu harus atas kehendaknya sendiri bukan terpaksa atau dipaksa.

Laki-laki Tidak Suka Diancam

Kata 'putus' yang beberapa kali dilontarkan Milea saat menjumpai Dilan berurusan dengan geng motor hingga ditangkap polisi, pada akhirnya membuat Dilan memilih untuk benar-benar menjauh dan tidak lagi memberi kesempatan untuk Milea mendekatinya.

Meskipun dengan tujuan agar Dilan tidak lagi berhubungan dengan geng motor, namun faktanya ancaman dengan menggunakan kata "putus"menjadi kata yang paling menyakitkan bagi Dilan, karena seolah bermakna, bahwa Milea  hanya mau menerima bila  menuruti apa yang diinginkan, bahkan saat itu Dilan tidak diberi kesempatan untuk menjelaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x