Ariyani Na
Ariyani Na wiraswasta

Hidup tidak selalu harus sesuai dengan yang kita inginkan ... Follow me on twitter : @Ariyani12

Selanjutnya

Tutup

Muda Artikel Utama

Cemburu, Tidak Percaya Diri atau Tidak Percaya Pasangan?

9 Februari 2018   12:35 Diperbarui: 10 Februari 2018   01:17 3032 14 10
Cemburu, Tidak Percaya Diri atau Tidak Percaya Pasangan?
Ilustrasi: Pexels/gratisography

Bagian populer dari film Dilan 1990 adalah tentang rindu yang berat, namun bagi saya ada bagian menarik lain yang dapat disimak hingga menginspirasi  untuk menulis artikel ini, yakni tentang cemburu. Disebutkan oleh Dilan bahwa cemburu adalah milik orang yang gak percaya diri, dan saat itu ia mengakui tidak percaya diri saat Milea mengatakan sedang bersama guru lesnya.

Ketika saya sampaikan kepada seorang teman apa yang disebutkan Dilan tentang cemburu, teman saya mengatakan bahwa sebab cemburu karena tidak percaya kepada pasangan.

Mana yang benar? Menurut saya, tidak ada yang salah pada kedua pendapat tersebut, bahkan mungkin keduanya dapat saling berkaitan dan memiliki prinsip dasar yang sama yaitu takut kehilangan.  

Cemburu Normal

Bila semua lawan jenis yang dekat dengan pasangan dicemburui, maka cemburu tersebut tergolong tidak normal, dan kemungkinan ada kelainan atau ada latar belakang kejadian yang membuat orang seperti ini.

Cemburu yang normal akan tergantung pada sosok yang dicemburui, biasanya akan hadir manakala sosok tersebut memiliki kelebihan yang kemungkinan lebih akan menarik perhatian pasangan, misalnya lebih cantik, lebih ganteng, lebih kaya, lebih dewasa, lebih perhatian, lebih banyak memiliki keahlian tertentu dan kelebihan lainnya.

Selain itu, cemburu karena merasa tidak percaya diri juga dapat hadir bila orang yang dekat dengan pasangan diketahui pernah memiliki hubungan spesial di masa lalu, karena bagaimanapun diakui bahwa orang tersebut memiliki kelebihan-kelebihan tertentu sehingga dulu pernah menjadi orang spesial bagi pasangan kita.

Karena merasa tidak percaya diri untuk tetap dapat menjadi yang utama dihati pasangan dan muncul ketakutan bahwa orang yang kita sayang akan berpaling dan kita akan kehilangan.

ilustrasi : vixendaily.com
ilustrasi : vixendaily.com
Cemburu karena Tidak Percaya Pasangan

Orang yang cemburu karena tidak percaya kepada pasangan biasanya memiliki latar belakang pernah dikhianati di masa lalu ataupun oleh orang yang saat ini menjadi pasangannya.

Latar belakang pernah ditinggalkan orang tersayang karena berpaling kepada yang lain, akan menimbulkan rasa tidak percaya diri bahwa dirinya tetap akan menjadi orang spesial dan tidak akan ditinggalkan. Karena tidak percaya diri, maka respons yang keluar menjadi tidak percaya pasangan, dan biasanya akan menjadi posesif dan cenderung melarang pasangan untuk berhubungan dengan lawan jenis atau mengawasi kemana dan apapun yang dilakukan.

Respon Cemburu

Cara orang merespon hadirnya rasa cemburu juga berbeda-beda, ada yang dapat menyampaikan dengan terus terang tapi santai seperti yang disampaikan Dilan, pada film Dilan 1990.

Cemburu yang disampaikan dengan terus terang dan santai seperti yang Dilan lakukan akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh pasangan, namun tidak semua orang dapat menyampaikan rasa cemburunya secara terus terang, biasanya hanya disampaikan dengan perubahan sikap yang kadang salah dimengerti oleh pasangan dan akhirnya memicu pertengkaran dan perdebatan.

Bila Pasangan Tidak Pernah Cemburu

Katanya cemburu adalah tanda cinta (entah kata siapa*nyengir), dan tidak sedikit yang merasa galau karena merasa pasangannya tidak pernah cemburu, sehingga ada sengaja membuat pasangannya cemburu hanya untuk mengetahui bahwa dirinya masih dicintai.

Ada beberapa sebab mengapa pasangan tidak pernah cemburu, yakni pertama, karena percaya sepenuhnya kepada kita dan tidak melihat ada perubahan sikap dan tidak menemukan sosok yang dianggapnya dapat membuat kita berpaling darinya.

Kedua, karena percaya diri bahwa apa yang sekarang dimiliki dan yang dilakukannya bersama pasangan sudah maksimal dan pasangan tidak akan menemukan sosok yang lebih baik darinya.

Ketiga, pasangan tidak pernah cemburu karena ada kemungkinan pasangan tersebut juga memiliki 'good friend' yang tidak diceritakan, sehingga menjadi lebih cuek dan tidak peduli apakah ada sosok lain yang dekat dengan kita.

Cemburu itu Ribet

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2