Media

Babinsa Kodim 0716/Demak Mewujudkan Tata Kelola Pertanian Bersama Lumbung Banyu Bumi

1 Februari 2018   12:21 Diperbarui: 1 Februari 2018   12:30 736 0 0
Babinsa Kodim 0716/Demak Mewujudkan Tata Kelola Pertanian Bersama Lumbung Banyu Bumi
dokumentasi pribadi

DEMAK -  Dinamika pembangunan yang berjalan pesat memberikan dampak tersendiri bagi kelestarian lingkungan hidup Indonesia, khususnya ketersediaan lahan pertanian dan produksi pangan.Eksplorasi sumber daya alam yang dilakukan akan memberikan tekanan tersendiri bagi alam. Hal ini berdampak pada penurunan produktivitas lahan dalam menunjang ketahanan pangan.

Untuk itu Komando Distrik Militer (Kodim) Wilayah Demak, Jawa Tengah bersama Lumbung Banyu Bumi melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Tata Kelola Budidaya Pertanian Demak sebagai kelanjutan Komitmen Kesepahamam yg disepakati beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diselenggarakan hari ini, Kamis (01/02/2018) di Aula Kodim 0716 Demak, Jl. Kyai Singkil No. 1 Bintoro, Kecamatan Demak.

Acara ini mengusung tema "Pendidikan dan Pelatihan Tata Kelola Budidaya Pertanian Demak" dimaja Tujuannya adalah Mewujudkan Petani Cerdas dan Berkualitas sebagai salah satu Peran TNI dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dandim Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan, kegiatan Diklat yang diikuti sekitar 80 (delapan puluh) personil TNI dari beberapa Koramil ini bertujuan memberi pengetahuan tentang Pertanian sebagai pendampingan atau Monitoring Control terhadap Sistem Manajemen Tata Kelola Budidaya Pertanian dalam mewujudkan petani cerdas, berkualitas, sejahtera dan membangun harkat serta martabat pertanian Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang lebih baik sekaligus mewujudkan keberhasilan Sistem Manajemen Tata Kelola Budidaya Pertanian dalam mendongkrak produktivitas, mencetak petani berkualitas dan peningkatan ketahanan menuju kedaulatan pangan nasional

"Agar terwujudnya harapan ini maka perlu pendampingan Tata Kelola dan Manajemen Budidaya Pertanian untuk Petani Wilayah demak, serta bertanggung jawab terhadap keberhasilan Program Tata Kelola Pertanian Lumbung Banyu Bumi," kata Letkol Inf Abi Kusnianto.

Acara juga direncanakan mengunjungi Lahan Petani dan melakukan Interaksi dengan Petani sekaligus makan siang bersama.