Mohon tunggu...
Arista Tri Wardani
Arista Tri Wardani Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah dan Kota

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Analisis Shift Share

5 Desember 2019   22:08 Diperbarui: 5 Desember 2019   22:07 13 0 0 Mohon Tunggu...

Analisis shift -- share merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengidentifikasi pergeseran petumbuhan perekonomian suatu daerah dengan skala lebih besar (Provinsi atau Nasional) sebagai pembanding atau referensi. Konsep dasar dari analisis shift share sendiri berkaitan dengan suatu kebijakan anggaran daerah yang telah ditetapkan pada wilayah tersebut. 

Analisis ini juga menjadi salah satu cara alternatif yang dapat mengakomodasi kepentingan pemerintah daerah apabila dihadapkan pada suatu kendala dan masalah keterbatasan data dan sumber daya yang kurang memadai. Suatu perubahan dari perubahan pertumbuhan ekonomi dalam pembangunan daerah dapat di dapat dilihat dari beberapa golongan yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Pertumbuhan ekonomi nasional (National Growth)i, sebagai indikator penentu terkait pengaruh pertumbuhan ekonomi nasional terhadap daerah atau terhadap wilayah yang berskala lebih kecil.
  • Bauran Industri (Industry Mix), dengan mengukur perubahan relatif yang tergolong naik atau turun dari perekonomian di wilayah tersebut dalam suatu sektor daerah terhadap sektor yang memiliki proporsi yang sama di tingkat nasional. Hal ini biasa juga disebut sebagai Pergeseran proporsional (Proportional Shift).
  • Regional Share atau biasa disebut dengan peregeseran diferensial (Differential Shift), pada golongan yang digunakan untuk mengetahui seberapa kompetitif-kah sektor tertentu pada daerah tersebut dibandingkan dengan skala nasional. Jika nilai yang didapat (+) pada perhitungan pendapatan maka sekor tersebut termasuk sektor kompetitif, namun jika nilai yang didapat adalah (-) itu artinya sektor tersebut tidak kompetitif. Hal ini juga dapat digunakan untuk membaca keunggulan kompetitif pada wilayah tersebut.

Setelah diidentifikasi mengenai analisis shift share adapun kelebihan dan kelemahannya menurut salah satu tokoh ahli yang berpendapat mengenai metode analisis ini yaitu oleh Stevens B.H dan More sebagai berikut:

Kelebihan Analisis Shift Share:

  • Mudah dipelajari, sehingga memudahkan bagi pemula yang ingin menggunakan metode analisis shift share untuk mengetahui struktur perekonomian.
  • Memberikan informasi mengenai gambaran ekonomi dan perubahan struktur secara tepat.
  • Analisis shift share tergolong metode perhitungan mengenai struktur ekonomi yang tergolong sangat sederhana.

Kelemahan Analisis Shift Share:

  • Terdapat data yang menunjukkan periode tertentu di antara periode yang tidak diketahui.
  • Metode shift share hanya dapat digunakan menggunakan analisis ex-post.
  • Analisis ini harus melalui analisis lebih lanjut apabila digunakan untuk perkiraan suatu perekonomian.
  • Tidak dapat digunakan untuk melihat hubungan antar sektor.
  • Serta analisis ini tidak ada kaitannya daerah satu dengan daerah lainnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x