Mohon tunggu...
Diana Aristiawan Setyo Wibowo
Diana Aristiawan Setyo Wibowo Mohon Tunggu... Engineer

Engineer dan Penulis, tertarik pada dunia engineering dan dunia seni. Menjadi Manajer Pusat Listrik Pilang, PLN (2016-2017), Manajer Pusat Listrik Merawang, PLN (2017-2018). Sedang berusaha menyelesaikan desain dan membangun ulang Yayasan Sosial Panti Krida Seni Tradisi Jawi yang berkualitas dan terjangkau untuk semua anak bangsa. Bisa dihubungi di arizt_sw@yahoo.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

3 Tips Memilih Sepeda untuk Pemula

15 Maret 2020   19:52 Diperbarui: 15 Maret 2020   20:21 124 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Tips Memilih Sepeda untuk Pemula
Pesepeda sedang mensetting sepedanya - dokpri

Untuk pemula, rata-rata dalam memilih sepeda hanya melihat dari model dan harganya saja. Padahal ada yang lebih penting dari dua hal tersebut. Apa saja yang harus diperhatikan :

1. Kondisi Jalan yang akan dipakai untuk gowes

Ya, sepeda itu ada berbagai macam jenisnya. Jika kamu tinggal di kota dan kamu ingin beli sepeda untuk dipakai diperkotaan yang jalannya mulus, kamu harus memilih Road Bike. Kenapa harus road bike? karena road bike memiliki ban yang kecil dan frame sepeda yang ringan. Dibandingkan dengan sepeda mountain bike atau sepeda gunung atau sepeda federal, sepeda balap atau road bike yang paling cocok.

Pesepeda sedang mencoba Road bike - dokpri
Pesepeda sedang mencoba Road bike - dokpri
Bagi yang tinggal dipelosok atau di pegunungan yang mayoritas jalannya masih tanah dan berbatu, sepeda yang paling cocok adalah mountain bike atau sepeda gunung. 

Mountain bike memiliki fork atau porok yang kuat sehingga lebih pas jika dipakai di tanah berbatuan. Jika kamu menggunakan road bike di jalan tanah maka akan mudah terpeleset dan jatuh.

Bagi yang tinggal jauh dari tempat keramaian dan ingin menggunakan sepeda untuk mengikuti sunmori (sunday morning ride) maka sebaiknya kamu memilih folding bike atau sepeda lipat. 

Sepeda lipat bisa dimasukkan ke dalam mobil dan bisa kamu bawa ke taman kota dengan mobil dan kemudian kamu parkirin mobil kamu trus bisa berganti dengan bersepeda di taman kota.

2. Ukuran sepeda mengikuti tinggi badan pengguna

Sebenernya sepeda tidak bisa dipakai bareng-bareng, karena setiap sepeda memiliki ukurannya yang biasanya terletak pada frame dibawah saddle sepeda. Ini ukurannya:

tabel ukuran sepeda
tabel ukuran sepeda

Jadi sepeda kamu tidak bisa dipakai oleh orang lain kecuali jika memiliki postur tubuh yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN