Mohon tunggu...
ARIP KURNIAWAN
ARIP KURNIAWAN Mohon Tunggu... Guru - GURU

Hanya seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membangun Semangat

13 September 2022   09:28 Diperbarui: 13 September 2022   09:32 92 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

membangun semangat

Seseorang yang bersemangat akan lebih terpacu untuk melakukan hal hal yang bermanfaat bagi dirinya untuk tercapainya impian dan harapannya. Setiap orang di di dalam dirinya selama ia masih berkeinginan  pasti memiliki semangat untuk melangkah  dan melakukan sesuatu menuju apa yang di cita citakannya.  Filosofi pendidikan KHD ing madya mangun karsa memberikan suatu dasar kedalam setiap hati seorang guru bahwa guru selalu berada di tengah tengan siswa untuk tetap menuntun dan menjaga semangat yang ada dalam setiap siswa untuk mencapai apa yang dicita citakan siswa sehingga mereka bisa menjadi insan yang merdeka dan berguna ditengah tengah masyarakat sesuai perannya masing masing.  

Filosofi Ki Hajar Dewantara ing madya mangun karsa memberikan pemahaman kepada guru bahwa guru selalu berada ditengah tengah siswa sebagai teman berbagi sebagai penuntun,pembimbing dan penambah kepercayaan diri siswa dalam berposes untuk menambah pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya.  Guru bukan saja  hanya sebagai sosok yang di gugu dan di tiru tetapi juga menjadi sosok dirigen dalam kelas sehingga setiap siswa dalam kelas mampu mengeluarkan nada nada yang indah dari kemampuan masing masing anak  sesuai dengan dasar kodratnya. Dalam setiap langkah yang guru lakukan adalah sebagai pemberi semangat kepada siswa bukan hanya  agar siswa naik kelas tapi juga  semangat untuk meraih mimpi mimpinya.

Filosofi ing ngarso sung tulodo bisa dimaknai sebagai guru menjadi pemberi inspirasi, model dan teladan dalam setiap tutur kata dan tingkah laku guru ,yang selalu menginspirasi siswa berprestasi dimana memaknai prestasi bukan hanya sebatas nilai dan angka tetapi prestasi adalah sebuah kemampuan perubahan siswa dari yang tidak tahu menjadi tahu dari yang tidak bisa menjadi bisa, sehingga menumbuhkan sifat semangat dan optimisme dalam siswa untuk berubah menjadi pribadi pribadi yang selalu haus akan pengetahuan agar mereka mencapai kebahagiaan sebagai manusia dalam lingkungan masyarakat. Guru yang selalu  bersemangat berada ditengah tengah siswa menuntun dan melayani siswa dengan ramah terbuka dengan berbagai ide menginspirasi dan memberi semangat adalah sosok guru yang diharapkan dalam kondisi sekarang yang penuh dengan informasi apa saja yang bisa didapat siswa hal positif maupun negative.

Guru tidak lagi menjadi sosok yang menakutkan dengan penggaris dan penghapus tetapi menjadi sosok yang murah senyum, ramah dan menginspirasi sehingga siswa menjadi rindu dan senang dengan kehadirannya.

Semoga ini menjadi pengingat bagi kita semua ,  tetap ada semangat 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan