Mohon tunggu...
arini fakhria arifah
arini fakhria arifah Mohon Tunggu... Islamic Education of IAIN Jember

People will hate you, rate you, shake you, and break you. But how strong you stand is what makes you -Lebron James

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru Pondasi Karakter Bangsa

5 Juni 2020   01:30 Diperbarui: 5 Juni 2020   01:22 10 1 1 Mohon Tunggu...

Loh mengapa guru menjadi pondasi karakter bangsa? Bukankah itu tugas orang tua? Ya tidak salah memang, tetapi guru juga berperan sangat penting untuk membentuk karakter seseorang. Tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan kemampuan yang dimiliki, dan membentuk karakter pada setiap individu. 

Karakter pada setiap individu itu sangat penting. Karakter dapat menentukan kualitas dari suatu bangsa. Namun, sepertinya saat ini pendidikan lebih menyorot pada segi intelektualnya saja. 

Faktor lingkungan menentukan keberhasilan pembentukan karakter ini baik lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, maupun lingkungan sekolah. Sekolah dianggap tempat paling efektif untuk menciptakan karakter yang kuat. Tidak sedikit orang tua yang saat ini melimpahkan tanggung jawabnya pada guru. 

Seperti pembentukan karakter ini tidak bisa begitu saja di pasrahkan tanggung jawabnya kepada para guru. Guru juga perlu bekerja sama dengan orang tua peserta didik. Namun, pada saat ini banyak orang tua yang hanya punya sedikit waktu untuk bertemu anak di rumah akibat urusan pekerjaan. 

Di era globalisasi ini pasti sangat sulit untuk membentuk karakter pada seseorang. Karena pengaruh globalisasi ini sangat kuat, tidak sedikit dari mereka yang kehilangan dirinya sebagai bangsa Indonesia.

Nah, untuk keberhasilan pembentukan karakter ini maka yang paling utama adalah guru mampu memahami peserta didiknya, mulai dari psikologisnya, budayanya, dan lain-lain. 

Guru harus memiliki wawasan yang luas agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dan agar tercipta karakter yang kuat pada peserta didik, guru harus mampu menjadi contoh yang baik bagi peserta didik. Guru juga harus selalu memantau perkembangan peserta didiknya, dan bisa bijak dalam menghadapi peserta didik.

VIDEO PILIHAN