Mohon tunggu...
arini fakhria arifah
arini fakhria arifah Mohon Tunggu... Islamic Education of IAIN Jember

People will hate you, rate you, shake you, and break you. But how strong you stand is what makes you -Lebron James

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Guru BK dalam Membimbing Siswa

6 April 2020   22:27 Diperbarui: 6 April 2020   22:34 55 11 7 Mohon Tunggu...

Di sekolah terdapat berbagai macam latar belakang siswa. Setiap siswa pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang rajin, pemarah, pemalas, tidak percaya diri, suka menolong, angkuh, sombong, kikir, dan lain sebagainya. Maka dari itu guru bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan di sekolah untuk membimbing dan membentuk kepribadian siswa.

Biasanya, ruang bimbingan dan konseling dikenal sebagai tempat anak-anak nakal. Karena setiap siswa yang melanggar aturan pasti diatasi di ruang tersebut untuk diberi peringatan maupun hukuman. Namun, pelayanan dalam bimbingan konseling tidak hanya itu. Adapun beberapa pelayanan dalam bimbingan konseling yaitu:

1. Bimbingan konseling dapat membantu siswa mengatasi masalah yang dihadapi siswa baik masalah pribadi maupun masalah akademik. 

2. Bimbingan konseling dapat membantu siswa kelas akhir untuk mencari informasi tentang pendidikan selanjutnya yang akan dia pilih, mengumpulkan data, memilih program studi, dan mengatasi siswa yang kesulitan belajar. 

3. Bimbingan konseling dapat mendisiplinkan siswa. 

4. Bimbingan konseling dapat membantu siswa mengembangkan minat, bakat, dan cita-cita nya. 

Adapun upaya Guru BK dalam membimbing siswa yaitu dengan memberikan motivasi-motivasi, menumbuhkan rasa percaya diri dan bertanggung jawab, dan memberi layanan lain agar dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. 

Jadi, bimbingan konseling merupakan sebuah upaya untuk membantu seseorang menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan membantu meningkatkan kepercayaan dalam menyelesaikan masalah khususnya dalam dunia pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x