Mohon tunggu...
Arini Nurillah
Arini Nurillah Mohon Tunggu... Do Your best, And let Allah do the rest

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Perkembangan Otak pada Masa Golden Age

12 April 2021   06:24 Diperbarui: 12 April 2021   08:36 111 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Otak pada Masa Golden Age
https://hellosehat.com/

Hallo Para orang tua... perlu diketahui bahwa bagian-bagian utama otak bayi baru lahir sebenarnya sudah lengkap terbentuk. Dilansir dari Republik.co.id Secara keseluruhan, otak si kecil saat lahir sudah terbagi menjadi empat bagian utama, yakni batang otak ( brainstem ), otak kecil ( serebelum ), otak besar ( serebrum) dan diensefalon.

 Berat otak bayi saat ini sudah mencapai 25% berat otak orang dewasa, atau sekitar 350-400 gram. Ketika usianya enam bulan, berat otak bayi hampir 50% dari berat otak orang dewasa.

Nah, perkembangan otak pada bayi untuk  beberapa bulan dan tahun pertama bayi tak kalah seru untuk diperhatikan. Pada usia  0 hingga 6 bulan, otak bayi memang berkembang dengan pesat hal ini disebut dengan masa emas bagi bayi. 

hippocampus adalah bagian otak yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Yang memiliki kemampuan untuk menyimpan ingatan secara jangka panjang. Hippocampus ini pada anak yang baru lahir 40 persen berkembang, ketika usia 18 bulan hippocampus ini  juga akan berkembang penuh. 

Menurut seorang profesor ilmu kognitif dan saraf dari Max-Planck Institute di Leipzig yakni Angela Friederici menjelaskan bahwa bayi yang baru lahir sudah bisa mengenali ritme dan tekanan suara dari bahasa ibunya. Dan ketika orang dewasa  mengajaknya berinteraksi, bayi pun akan menampakkan ekspresi gembira jika ia merasa senang dan sebaliknya. 

Banyaknya jumlah neuron ketika bayi lahir mencapai 12 triliun, lalu Selama setahun pertama kehidupannya, neuron tersebut akan terhubung satu dengan yang lainnya, sehingga mencapai dua kali lipat. 

Dalam hal ini banyak sekali koneksi pada sistem saraf yang terbentuk, bagi para orang tua  sebaiknya mengajarkan banyak ilmu pada buah hati . namun di waktu yang sama juga, berikan Otak untuk ber istirahat dan waktu bermain. Nah waktu beristirahat ini 12 jam  sehari.

Lalu otak bayi yang baru lahir memiliki jaringan yang membuatnya sulit menyaring berbagai rangsangan. Jika orang dewasa bisa dengan mudah mengeliminasi bunyi-bunyian tak penting seperti suara televisi atau suara orang batuk sedangkan bayi belum memiliki sebuah rasangan pendengaran seperti orang dewasa, dan ini menjadi penyebab dari mengapa anak sering terbangun ketika tidur.

Pematangan otak bayi ini yang perlu di tunjang dengan cara pemenuhan zat-zat gizi yang seimbang.  Jika pematang otak bayi ini berkembang dengan baik maka bayi akan memiliki rasa keinginan meningkat. Apa saja zat-zat gizi tersebut?

1.Protein

pada protein ini memiliki komponen dasar seperti asam amino, asam amino ini memiliki fungsi utama sebagai pembentuk struktur otak. Asam amino ini memiliki 2 jenis yaitu taurin, triptofan, dan fenilalanin. Didalam asi ini memiliki sekitar 1,2 gram per 100 ml kandungan protein

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN