Mohon tunggu...
Arinda Nurmeita Kurniawan
Arinda Nurmeita Kurniawan Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

HOBI MENULIS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kiat Menjadi Mahasiswa Produktif

18 November 2022   16:00 Diperbarui: 18 November 2022   16:03 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu dan belajar di Perguruan Tinggi. Menjadi mahasiswa merupakan impian dari semua orang, karena tidak semua orang dapat merasakan indahnya duduk dibangku perkuliahan. Suatu kenikmatan bagi seseorang yang bisa merasakan bangku perkuliahan jadi yang sudah merasakan hendaknya bertanggung jawab atas segala pilihannya. “kita adalah MAHASISWA, MAHA dari SISWA kita anak-anak muda pilihan yang berkesempatan mengeruk dalamnya sumur ilmu pengetahuaan” -Najwa Shihab

Namun faktanya banyak sekali seseorang yang tidak memanfaatkan perkuliahan untuk mengeruk sumber ilmu pengetahuan, melainkan hanya untuk ikut-ikutan saja, rasa gengsi timbul akibat temannya merasakan bangku perkuliahan. 

Padahal menjadi mahasiswa merupakan peran dalam meningkatkan sumber daya manusia. Bukan hanya meningkatkan ego dan gengsi semata, bahkan ada yang menyalahgunakan perkuliahan menjadi titik temu seseorang dalam bersaing outfi, circle pertemanan dan lain sebagainya.

Padahal sebenarnya kuliah merupakan tempat untuk menambah relasi dan pengalaman dalam keilmuan. Karena mahasiswa sudah memiliki pemikiran yang bijaksana, sehingga dapat bertukar fikiran dengan baik.

 Namun jangan khawatir disini saya akan menyebutkan berberapa tips, untuk menjadi mahasiswa yang produktif, yaitu.

1. Mengatur skala prioritas 

Peran mahasiswa yang pertama yaitu dapat mengatur skala yang di prioritaskan, skala prioritas merupaakan acuan terpenting yang bisa menentukan prioritasmu. Karena setiap prioritas seseorang itu berbeda. 

Dengan menentukan skala prioritas maka kamu akan dapat memililih mana yang akan dikerjakan atau sekiranya dapat ditunda terlebih dahulu. Contohnya sebagai mahasiswa tentunya memiliki prioritas yang utama, proritas utama mahasiswa yaitu belajar dan mengerjakan tugas, maka prioritaskan dulu mengerjakan tugas lalu melakukan kegiatan lainnya yang mendukung kegiatan perkuliahan. 

Bahkan kamu dapat membuat tabel, mana kebutuhan yang penting dan kurang penting, serta kebutuhan yang lebih medesak dan yang kurang mendesak. Seperti yang pada gambar dibawah ini  

Kamu dapat melakukan segala kegiatan apapaun yang kamu minati, tetapi setelah kamu memenuhi segala kewajibanmu. Kita harus mempertimbangkan masa depan dalam menyusun skala prioritas. Karena masa depan merupakan sebuah proses yang menentukan dalam kehidupan. Dan itu harus dipersiapkan dengan matang namun perlu dipersiapkan dari sekarang agar tidak ada penyesalan.

2. Catat Deadline dan Atur Waktu Pengerjaan Tugas (to-do list)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun