Mohon tunggu...
Arina Fathima
Arina Fathima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya merupakan mahasiswi universitas Aisyiyah Yogyakarta, prodi S1-psikologi

Saya merupakan mahasiswi universitas Aisyiyah Yogyakarta, prodi S1-psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Unisa dalam Menghadapi Covid-19

23 Januari 2022   20:17 Diperbarui: 23 Januari 2022   20:31 123 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Universitas Aisyiyah (UNISA) adalah salah satu universitas yang berada di kota Yogyakarta dan juga universitas ini merupakan salah satu universitas yang ada wawasan kesehatannya. Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga ikut mengambil peran dalam mengatasi pandemi yang sedang terjadi pada saat ini. 

Yaitu dengan membuat kegiatan berbagi masker,hand sanitizer dan lain sebagainya di berbagai titik lokasi wisata yang berada di kota yogyakarta. 

Beberapa lokasi yang di kunjungi oleh tim unisa antara lain adalah Kawasan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat seperti Malioboro, parkiran Ngabean, pasae Ngasem, Daerah kraton dan taman sari. Pelaksanaan kegiatan berbagi ini juga didukung oleh forum komunikasi komunitas alun-alun Utara (FKKU).

Dosen bidan UNISA juga berperan dalam meningkatkan Kesehatan bagi ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui sampai lansia. Ketua tim pengapmas sekaligus dosen Unisa Yogyakarta, yaitu Ani Fitriahadi mengatakan untuk mengatasi persoalan pandemi ini, tim pengabmas dosen bidan Unisa Yogyakarta bekerjasama dengan masyarakat melakukan kegiatan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 melalui konsumsi rimpang-rimpang atau empon-empon yang dapat dimanfaatkan dari lingkungan keluarga berupa tanaman obat keluarga atau toga di pranogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. 

Tim bidan UNISA memberikan penyuluhan atau penyampaian materi terkait isu terkini Kesehatan Wanita dan pencegahan atau memutus mata rantai Covid-19. Mereka memberikan solusi melalui pemanfaatan tanaman toga dan mengonsumsi rimpang-rimpang seperti jahe, kunyit, serai dan berbagai jenis tanaman sejenisnya.

Adapun Upaya UNISA dalam menghadapi covid 19 di lingkungan kampus antara lain sebagai berikut :

- Pertama yaitu : Adanya Satgas Covid-19. Satgas Cvid-19 ini bertugas memastikan seluruh prosedur, sumber daya dan fasilitas untuk pencegahan dan penanganan kasus Covid-19 tersedia dan dapat dijalankan. 

- Kedua yaitu : Menjalankan testing jika hendak melakukan perkuliahan luring (termasuk praktik di lapangan) atau Ketika melakukan tracing.

- Ketiga yaitu : Menjalankan tracing apabila ada warga kampus yang terkonfirmasi positif dan yang bersangkutan menjalankan aktifitas di kampus.

- Keempat yaitu : Melakukan treatment untuk warga kampus yang merupakan OTG (orang tanpa gejala), menunggu hasil test dan yang bergejala. 

- Kelima yaitu : Menerapkan proteksi untuk setiap warga kampus, antara lain melalui protocol Kesehatan dalam pembelajran, vaksinisasi dan sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan