Mohon tunggu...
Sopyan Arina
Sopyan Arina Mohon Tunggu... Buruh - Mahasiswi

Mahasiswi STKIP PGRI Ponorogo, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Random dan lebih suka indomie goreng daripada menjadi penyuka senja. :)

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Menulis Itu Kegiatan Melawan Arus

9 Desember 2019   13:51 Diperbarui: 9 Desember 2019   14:30 31 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ponorogo-(Sabtu , 07/12) Riuh suara tepuk tangan disertai ekspresi wajah sumringah memenuhi Graha Saraswati siang itu. UKM Himpunan Mahasiswa Penulis (HMP)  STKIP PGRI Ponorogo melaksanakan acara Diklat Anggota Baru dan Workshop Kepenulisan Berita  pada Sabtu-Minggu 7-8 Desember 2019. Acara yang diselenggarakan di Graha Saraswati ini mengusung tema Olah Sikap Anti Hoax dengan Literasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr.H. Sutejo, M.Hum selaku Pembina UKM HMP sekaligus Ketua STKIP PGRI Ponorogo. Setelah acara dibuka, Sutejo, penulis kondang dan tokoh literasi nasional ini langsung menjadi pengisi materi pertama terkait motivasi menulis. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kunci sukses menulis antara lain harus menjadikan menulis sebagai hobi, terinspirasi dari manapun, punya model, dapat menjadi industri kreatif dan tentunya bermanfaat.

Diklat anggota baru ini dibagi menjadi tiga materi. Pertama, materi motivasi menulis oleh Sutejo. Kedua, materi berbagi pengalaman kepenulisan oleh alumni HMP Suci Ayu Latifah dan Sri Wahyuni. Dan ketiga, pengenalan keorganisasian dan penulisan berita yang dipandu oleh Sapta Arif dan Agus Setiawan dari Tim Jurnalistik STKIP PGRI Ponorogo yang mana keduanya sudah banyak melahirkan karya di dunia kepenulisan. 

"Menulis itu adalah perbuatan melawan arus. Karena orang yang mengikuti arus adalah orang-orang yang tidak melakukan perubahan dalam hidupnya menjadi lebih baik. Jadilah salah satu pelopor kebaikan tersebut. Maka, menulislah." tutur Sutejo, sosok penulis yang pernah diundang dua kali di Istana Negara karena pengalaman beliau memenangkan lomba kepenulisan tingkat nasional ini. Beliau juga menambahkan, bahwa kita dapat mengubah hidup kita dengan menulis.

dokpri
dokpri
Farah Hayaatan Lillah, salah satu peserta dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2019, saat ditemui di suatu kesempatan mengatakan dengan mengikuti acara ini ia mendapatkan ilmu kepenulisan yang luar biasa dari para pemateri yang tidak  didapat di tempat lain. Tak lupa harapannya setelah ini semoga mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas dan bermanfaat.

"Acara Diklat Anggota Baru ini merupakan program kerja tahunan UKM HMP. Tahun ini kami menggabungkannya dengan Workshop Kepenulisan Berita bertujuan memberikan wawasan menulis, khususnya menulis berita dan menulis karya sastra lain pada umumnya bagi para peserta diklat. Semoga ke depannya, melalui acara seperti ini mampu melahirkan penulis-penulis yang kompeten. ", ungkap Dendi Catur Wicaksono, yang tahun ini menjadi ketua UKM Himpunan Mahasiswa Penulis, STKIP PGRI Ponorogo. (re/)

Oleh: Arina PBSI 2017

STKIP PGRI Ponorogo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan