Mohon tunggu...
Ari Manangin
Ari Manangin Mohon Tunggu... Editor - Penulis Ulung

Catatan Pena, dari Bumi Nusantara North Celebes

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Penasan Kenapa Laki-Laki Lebih Memilih Diam Ketika Sedang Banyak Pikiran? Ini Ulasannnya

26 Maret 2024   10:50 Diperbarui: 26 Maret 2024   11:03 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Banyak pikiran" adalah kondisi mental di mana seseorang merasa terbebani atau terganggu oleh berbagai pemikiran, kekhawatiran, atau permasalahan yang mengisi pikirannya secara simultan. 

Istilah ini mencerminkan situasi di mana individu merasa overthinking atau terlalu banyak memikirkan hal-hal yang dapat menyebabkan kecemasan, stres, atau ketidaknyamanan emosional. 

Orang yang mengalami banyak pikiran mungkin merasa sulit untuk fokus atau rileks karena pikiran-pikiran yang terus menerus muncul dalam benak mereka. 

dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat mengganggu kesejahteraan mental dan emosional seseorang jika tidak ditangani dengan baik.

Jika hal ini terjadi pada laki-laki, pada situasi ini mereka sedang memiliki banyak pikiran. Mereka lebih banyak memilih diam dan tidak membicarakan keadaan tersebut kepada siapapun. Tentunya hal ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. namun, pada kebanyakaan laki-laiki seperti itu.


Lantas mengapa hal itu sering terjadi? Ada beberapa alasan mengapa laki-laki cenderung lebih suka diam ketika mereka memiliki banyak pikiran:

Secara umum, laki-laki cenderung memiliki kebiasaan untuk menyelesaikan masalah secara internal sebelum berbagi dengan orang lain. Mereka mungkin memilih untuk diam dan memikirkan solusi-solusi potensial sebelum mengungkapkan apa pun kepada orang lain.

bahkan beberapa laki-laki mungkin merasa tidak nyaman atau tidak terbiasa dalam berbicara tentang emosi atau masalah pribadi mereka. 

Mereka mungkin menganggap bahwa berbicara tentang masalah, mereka akan membuat diri mereka terlihat lemah atau kurang maskulin, sehingga mereka lebih memilih untuk tetap diam.

Beberapa laki-laki mungkin khawatir bahwa berbagi pikiran atau masalah mereka dapat menyebabkan konflik atau pertentangan dengan orang lain. Oleh karena itu, mereka memilih untuk diam demi menghindari situasi yang tidak nyaman atau konfrontatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun