Mohon tunggu...
Arifudin
Arifudin Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Pesepak bola amatir

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Sepak Bola di Kalangan Remaja

6 Desember 2022   01:21 Diperbarui: 6 Desember 2022   01:27 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sepak bola bukan merupakan sesuatu yang asing lagi didengar dalam kehidupan kita. Hampir semua orang mengetahui permainan bola besar yang satu ini. Tidak hanya mengetahui, bahkan tidak sedikit orang yang ikut berlatih dan memainkan olahraga ini. Tidak hanya pada kalangan dewasa, sepak bola juga dikenal dari kalangan anak-anak dan remaja. Ditambah lagi pada era sekarang dunia sepak bola sedang digemparkan dengan piala dunia yang banyak disaksikan di dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa sepak bola dikenal oleh satu dunia.
Selain menjadi alternatif untuk berolahraga, sepak bola juga dapat menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Permainan sepak bola ini merupakan permainan yang dilakukan antar dua tim yang memiliki tujuan yang mana setiap pemain itu memiliki tugas pada masing-masing posisinya. Hal ini juga dapat melatih kerja sama antar pemain.
Terdapat beberapa faktor yang menjadi pendorong seseorang meminati sepak bola. Salah satunya rasa senang yang didapat saat bermain, termotivasi dari teman, keluarga, ataupun ketika melihat kompetisi sepak bola besar yang sering diselenggarakan seperti kompetisi tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Terlebih di kalangan usia remaja, hal-hal seperti ini dapat dijadikan ajang penyaluran bakat mereka dan memiliki keinginan besar agar dapat bersaing dengan orang-orang seusianya.
Sepak bola di kalangan remaja Indonesia merupakan salah satu olahraga yang populer. Tidak sedikit remaja yang meminati permainan ini, hal ini dikarenakan sepak bola adalah olahraga yang simpel, tidak memerlukan banyak persyaratan fisik, tidak harus memiliki badan yang tinggi, cukup bisa lari dan penguasaan teknik dan juga olahraga ini tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal.
Selain memiliki banyak manfaat, sepak bola juga menjadi salah satu ajang kompetisi. Tak jarang kompetisi sepak bola di lakukan di berbagai kalangan tempat baik antar RT, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan dunia. Kompetisi sepak bola juga sangat diminati di kalangan masyarakat Indonesia. Setiap kompetisi yang diadakan selalu meriah dan banyak diikuti dari berbagai kalangan terutama kalangan remaja.
Populernya sepak bola di kalangan remaja ini membuat banyak tim sepak bola di Indonesia membuat SSB (Sekolah Sepak Bola) khusus untuk usia muda. Hal ini dapat dijadikan wadah bagi remaja agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya dalam olahraga sepak bola. Hal ini memiliki nilai positif bagi remaja untuk dapat mengembangkan bakatnya lebih jauh agar  bisa menjadi pesepak bola profesional.
Pemerintah saat ini melalui PSSI juga sangat mendukung sepak bola dengan diadakannya kompetisi sepak bola untuk usia muda seperti Soeratin U-15 dan U-17, Popda, Porprov, Popnas, Elite Pro Academy dan lain sebagainya, sehingga mereka bisa mengikuti kompetisi tersebut dan menyibukkan diri mereka dengan hal-hal positif yang bermanfaat.
Berikut beberapa manfaat sepak bola di kalangan remaja
1.Sarana olahraga yang baik bagi kesehatan
Sepak bola dapat menjadi salah satu olahraga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan pada saat bermain sepak bola, kita akan berjalan serta berlari secara terus menerus. Berjalan dan berlari yang dilakukan secara konsisten akan dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah tinggi, mendukung kekuatan otot dan tulang, dan dapat membakar kalori karena mengeluarkan keringat.
Bagi orang-orang yang sudah menjadikan olahraga sebagai rutinitasnya pasti akan tahu dan merasakan sendiri manfaat yang di dapat saat bermain sepak bola.
2.Perilaku sosial yang positif
Olahraga sepak bola merupakan olahraga yang dilakukan dalam tim, bermain dengan berkelompok sehingga dapat melatih bagaimana cara berkomunikasi yang baik, pengertian dan kekompakan antar anggota pemain dalam satu tim. Secara tidak langsung, seseorang yang bermain sepak bola akan belajar dan melatih dirinya agar tidak mengecewakan rekan-rekan satu timnya, menjunjung tinggi sportivitas dengan menjalin pertemanan yang baik terhadap anggota satu tim ataupun tim lawan dan melatih kerja sama. Hal tersebut menuntut pemain agar saling memotivasi dan peduli, dan sepak bola juga dapat meningkatkan  rasa empati seseorang ketika melihat orang lain bekerja keras, mengalami kekalahan dan merayakan kemenangan.
3.Mengembangkan bakat dan meraih prestasi
Sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer di dunia, bahkan tidak sedikit yang meminati olahraga satu ini. Olahraga ini juga sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu olahraga paling bergengsi. Seperti yang sudah di jelaskan di atas pemerintah dan club-club sepak bola sangat mendukung bakat pemain muda di kalangan remaja dengan ditunjukkan adanya banyak SSB yang dibentuk dan kompetisi sepak bola yang di adakan untuk usia muda. Kompetisi sepak bola ini bisa dijadikan ajang untuk para remaja mengembangkan bakatnya dan meraih banyak prestasi di bidang olahraga sepak bola tersebut.
4.Dapat menjadi profesi yang menjanjikan
Sepak bola di era masa kini bukan hanya sebagai hobi saja, tetapi juga telah menjadi sebuah hiburan tontonan atau lahan industri di dunia olahraga, yang menjadikan pemainnya sebagai profesi atau tenaga kerja pada klub melalui perekrutan hingga perjanjian kontrak kerja. Seperti yang di katakan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari memastikan bahwa antara pemain dan klub sepak bola memiliki hubungan kerja. Oleh karenanya, pemain sepak bola termasuk sebuah profesi atau pekerja. Dalam hal ini tentu kalangan remaja usia muda memiliki peluang besar untuk menjadikan sepak bola sebagai profesi yaitu pesepak bola profesional seperti bermain di liga 2 Indonesia bahkan liga 1 Indonesia. Seperti yang kita ketahui sudah banyak pemain muda yang berkarir di sepak bola profesional seperti Marselino (Persebaya Surabaya), Supriadi( Persebaya Surabaya), Braif Fatari, (Persija Jakarta), dan juga Witan Sulaiman ( AS Trencin)  yang berkarir di luar negeri tepatnya di salah club Slovakia. Mereka adalah beberapa contoh pemain muda yang memiliki karir cukup gemilang di sepak bola profesional Indonesia dan memiliki gaji rata rata puluhan juta perbulannya. Ini tentu membuktikan bahwa sepak bola bisa dijadikan sebagai profesi yang menjanjikan jika memiliki tekad dan kerja keras untuk menggapainya. Tetapi tentu hal ini jangan sampai mengganggu pendidikan, karena tetap pendidikan jangan sampai di tinggal kan dan harus cermat dalam mengatur waktu antara sepak bola dan kegiatan belajar.
5.Menjauhkan dari hal negatif
Selain memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, sepak bola juga memiliki dampak yang baik dalam mendukung kesehatan mental. Olahraga sepak bola dapat mengatasi rasa cemas dan depresi, karena olahraga ini biasanya dilakukan di luar ruangan yakni di lapangan terbuka yang luas sehingga dapat membantu seseorang mengatasi stres. Sepak bola juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang, seseorang juga dapat belajar mengendalikan emosi sehingga memberikan dampak positif bagi kehidupannya. Apalagi di era digital sekarang ini, banyaknya remaja-remaja yang menghilangkan stres mereka dengan bermain gadget, bermain game online melalui gadget ataupun alternatif lainnya, menyibukkan diri dengan dunia maya apalagi diusia remaja pengaruh narkoba sangat besar sehingga memiliki dampak negatif bagi kehidupan mereka. Dengan begitu, sepak bola dapat dijadikan alat untuk menjauhkan dari hal-hal negatif dan meminimalisir kenakalan remaja yang berguna sebagai sarana baru dalam menghilangkan stres di kalangan remaja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun