Arif Khunaifi
Arif Khunaifi profesional

Manusia biasa dari bumi Indonesia .:. Ingin terus belajar agar bermanfaat bagi alam semesta... .:. IG & Twitter: @arifkhunaifi .:. Facebook: Arif Khunaifi .:.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Bersama Naik Wuling Biar Tidak Ngguling

4 Januari 2018   06:37 Diperbarui: 4 Januari 2018   08:21 2087 7 8
Bersama Naik Wuling Biar Tidak Ngguling
Dok.pribadi

Jum'at siang, 24 Nopember 2017 terjadi banjir cukup merata di Surabaya akibat intensitas hujan yang cukup tinggi dan air laut yang sedang pasang. Saat itu saya usai mengisi acara di Masjid Angkatan Laut Tanjung Perak. Beberapa jalan banjir bisa saya lewati hingga akhirnya saya menemui sebuah jalan yang macet panjang di dekat Stadion Gelora Sepuluh Nopember Tambak Sari.

Setelah sampai di ujung kemacetan, saya baru baru paham ternyata banyak sekali kendaraan yang mogok akibat banjir di cekungan jalan yang cukup dalam. Hampir semua sepeda motor dan mobil termasuk saya naik ke SPBU Ngaglik untuk parkir dan terhindar dari banjir karena memang posisi kontur tanahnya lebih tinggi.

Agenda saat itu yang saya rencanakan langsung meluncur ke Malang untuk ikut Even Kompasiana Nangkring bersama Kementrian Agama yang membahas tentang produk halal terancam GaTot alias gagal total. Dan benar saja, akhirnya saya harus minta maaf kepada tim Kompasiana karena tidak jadi ikut. Jalanan banjir tidak bisa dilewati.

Di tengah situasi yang tidak menentu itu, saya berdiri di pinggir jalan di atas pagar tembok yang lebih tinggi dan memantau kendaraan mati mesin sampai kendaraan yang bisa terus berjalan. Sampai suatu saat saya melihat mobil yang belum pernah melihat sebelumnya melewati banjir dengan tanpa tersendat mesinnya.

"Mobil apa itu kok saya baru tahu?" dalam hati saya bertanya-tanya

Dari balakang bodi mobil terlihat logo W yang merupakan simbol dari Wuling. Sekilas saya faham bahwa itu adalah mobil baru yang meramaikan jagat otomotif di Indonesia. Ya, saya sempat membaca beberapa postingan teman yang sudah mencoba test drive di Jakarta dengan Wuling Confero.

"Oh ini toh mobilnya, hebat juga ya..." gumam saya waktu itu.

Mengunjungi Dealer Wuling

Seminggu berselang, Jum'at siang tanggal 1 Desember saya ada acara di Perumahan Bukit Citra Darmo yang tentunya dekat dengan Jl. Mayjen HR. Muhammad Surabaya. Di jalan nomor 132 ini berdiri Dealer Wuling yang cukup gagah dan megah disertai dengan area service yang cukup besar. Satu di antara 52 dealer di seluruh Indonesia.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Dok.pribadi
Dok.pribadi
Ketika datang, saya langsung dipersilahkan masuk dan diizinkan untuk berkeliling ke semua area dealer. Karena masih waktu istirahat usai shalat Jum'at, saya justru dengan leluasa membidik semua sisi dealer dan sekaligus sisik-melik mobil Wuling Confero dengan berbagai macam warna seperti Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black dan Dazzling Silver.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Dari situ pula saya tahu bahwa di sini selain penjualan dan fasilitas servis, ternyata  spare part sudah tersedia lengkap karena sudah diproduksi di Indonesia tepatnya di Cikarang, sehingga tidak perlu khawatir akan ketersediaan spare parts, karena dealer ini sudah terintegrasi dengan fasilitas Wuling di Cikarang yang menyediakan stok suku cadang dengan stok sangat mencukupi.

Area service yang cukup luas
Area service yang cukup luas
Pilih-pilih Mobil

Ternyata ada macam-macam varian seri Confero untuk menjadi pilihan, yakni: Confero 1.5, sebagai type yang paling ekonomis, Confero S 1.5C type menengah, dan Confero S 1.5L sebagai type tertinggi. Confero sendiri berasal dari Bahasa Latin yang artinya 'untuk menyatukan' sangat cocok dengan dalaman mobil yang luas dan lega sehingga bisa ngajakbersama-sama banyak orang 'to bring together'.

Salah satu type pilihan
Salah satu type pilihan
Sedangkan melekatnya label 'S'pada nama Confero merupakan singkatan dari 'Sporty'. Bodinya yang tinggi yakni 205mm dari permukaan tanah sehingga aman dan nyaman di jalanan yang tidak rata. Dibanding mobil sporty lain seharga di atas 400 juta, Confero ini masih menang nyaman. Apalagi sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD (Anti-lock Bracking System) yang mencegah ban terkunci saat pengereman mendadak serta mengoptimalkan gaya pengereman ban. Ya. Intinya naik wuling tidak khawatir ngguling. Hehe...

Sistem keamanan yang canggih
Sistem keamanan yang canggih
Saya sudah sering menyopiri kiai pesantren mengisi pengajian dengan 2 mobil sporty dua pabrikan yang berbeda namun hanya menang gagah di luar saja. Tidak berbanding lurus dengan harganya yang sekitar 500 juta. Nyaman untuk sopir dan sampingnya saja. Hampir semua penumpang yang ikut selalu mengeluh kecapekkan dan pegal-pegal terutama yang sudah tua. Apalagi yang berada di kursi paling belakang.

Padahal secara harga wuling Confero S rata-rata di bawah 200 juta, bahkan untuk type yang paling ekonomis harganya dimulai dari 128 juta. Namun yang mengherankan bisa membuat enjoy keluarga mulai yang muda sampai yang tua. Maka benarlah yang dikatakan bahwa Wuling Confero adalah MPV yang cocok untuk keluarga. The Real Spacious Family MPV.

Filosofi Hidup

Dalam filosofi hidup saya, ketika membeli sesuatu termasuk mobil harus bermanfaat untuk banyak orang agar saya termasuk yang didawuhkan oleh Nabi Muhammad Saw bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karena itu, saya tidak punya cita-cita sama sekali untuk membeli mobil jenis sedan yang hanya mampu mengangkut sedikit orang. Saya selalu bercita-cita untuk untuk bisa membeli mobil dengan kapasitas banyak penumpang seperti Wuling Confero yang bisa menampung sampai delapan penumpang.

Yups, dalam berkendara pun kita sudah seharusnya bisa menjadi lebih baik dan akrab dengan keluarga dan tetangga. Dengan mobil ini kita bisa menjenguk tetangga yang sakit di rumah sakit, atau ke tempat teman beramai-ramai sambil bercengkrama meningkatkan kerukunan dan kedamaian bersama. Inilah Drive For A Better Life yang diusung menjadi motto utama Wuling Motors.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2