Mohon tunggu...
Arif Firmansyah
Arif Firmansyah Mohon Tunggu... Lainnya - freelancer

Seorang trader, travelling menjadi hobi saya terutama tempat yang paling saya suka adalah pantai juga tempat wisata yang identik dengan keindahan alamnya, selain itu saya juga menyukai topik terkait perkembangan teknologi, sepak bola, hiburan, humor, anime.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

10 Alasan Pohon Kelapa Disebut Pohon Seribu Manfaat

3 September 2023   18:34 Diperbarui: 3 September 2023   18:36 893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pohon kelapa (pexels.com/Tamba Budiarsana) 

Apakah kamu pernah memakan buah kelapa?, atau meminum air buah kelapa?, air dan buah kelapa bisa untuk sebagai obat alami, bahkan bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan terutama bisnis eskpor, mulai dari akar sampai ujung pucuk pohon kelapa dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Jika melihat pohon kelapa tentu teringat dengan pantai karena di pantai mayoritas identik dengan banyaknya pohon kelapa yang umbuh disana.

Keragaman alam yang diberikan oleh sang pencipta salah satunya yaitu pohon kelapa, pohon dengan julukan satu pohon seribu manfaat atau pohon kehidupan yang dapat menghasilkan beragam manfaat untuk kebutuhan yang diperlukan oleh manusia. Pohon yang dikenal tumbuh di daerah tropis ini bisa kita temukan di daerah Pantai.

Kami akan membagikan 10 alasan kenapa kelapa disebut sebagai "satu pohon seribu manfaat" yang sangat berguna untuk kehidupan manusia, simak daftar berikut:

1. Tempurung kelapa dijadikan arang dan menjadi bisnis ekspor yang sangat menguntungkan

Permintaan arang kelapa di awal tahun 2023 sangat banyak terutama dari negara-negara Eropa, China, Rusia sampai Timur Tengah, sehingga permintaan produk arang kelapa terus meningkat menjadikan bisnis ekspor yang sangat menguntungkan. Arang kelapa biasanya digunakan untuk bahan bakar untuk memanggang daging atau digunakan untuk keperluan usahannya, harga per kilo kisaran US$0.7 sampai US$2 tergantung bagaimana kesepakatan antara pembeli dan penjual.

2. Manfaat daging buah kelapa bagi Kesehatan

Membantu menjaga kebersihan gigi karena bisa membantu melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi, daging buah kelapa kaya akan nutrisi, mineral, dan antioksidan serta serat yang dapat memenuhi 60% kebutuhan tubuh harian, jika kamu sedang sakit maka obat alami yang dianjurkan adalah memakan daging kelapa muda karena dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melawan infeksi dalam tubuh.

Jika kamu menyukai gula atau makanan manis memakan daging kelapa sangat disarankan karena cocok untuk menjaga keseimbangan dan mengendalikan diabetes, selain itu daging kelapa yang mengandung lemak sehat dapat menyehatkan jantung. Apabila kamu mempunyai saudara atau teman yang divonis mempunyai penyakit jantung obat alami yang telah disediakan alam yang Bernama kelapa bisa untuk membantu usaha dalam pengobatannya.

3. Airnya mengandung banyak zat yang memenuhi kebutuhan tubuh

Rasa air kelapa atau bahasa ilmiahnya cocos nucifera mengandung protein, lemak, rasa air kelapa sedikit manis namun menyegarkan serta terdapat mineral yang didalamnya terkandung kalium dan natrium yang dapat dijadikan minuman isotonik, terdapat sedikit karbohidrat yang sangat baik untuk konsumsi tubuh, kabar baiknya ini berguna untuk kamu yang sedang mengurangi porsi makan/menjalani diet, ini merupakan pilihan yang tepat karena air dalam kelapa dapat mengubah lemak menjadi massa otot dengan membantu fungsi tiroid dalam menurunkan berat badan, selain itu manfaat lainnya air kelapa sebagai berikut: meningkatkan metabolisme tubuh, vitamin B, memperlancar pencernaan, menetralisir racun dalam tubuh, mencegah penyakit ginjal, memperlancar sirkulasi darah, mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis).

4. Daun dan bunga yang dapat dimanfaatkan

Nira kelapa adalah cairan yang keluar dari bunga kelapa basanya banyak petani yang memanfaatkannya menjadi usaha, melalui proses pemanasan sampai mengental kemudian didinginkan sampai mengeras dan jadilah gula kelapa, gula tersebut dapat dijual dan menghasilkan uang, biasanya nira yang dihasilkan mencapai 0,5 sampai 4,0 nira per tandan. Nira kelapa juga bermanfaat bagi tubuh untuk Kesehatan seperti sembelit, menjaga Kesehatan tulang, mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas terhadap sel-sel tubuh. Daunnya dapat dianyam atau dirajut, dijadikan kipas, wadah ketupat, keranjang, dan kerajinan kreativitas lainnya untuk kemudian dapat dijual dan menghasilkan uang, daun kelapa juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk dijadikan atap rumah.

5. Batangnya menjadi bahan bangunan

Alasan kenapa pohon kelapa banyak tinggi bahkan dapat mencapai ketinggian hingga 25 meter disebabkan karena pohon kelapa bisa menyerap mineral dan air yang jauh sekalipun didalam tanah, pohon yang tidak memiliki cabang pada batang yang dalamnya mirip dengan serabut memiliki kulit yang keras dan kasar yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan untuk keperluan seperti membangun rumah dan serabut yang sisa dari penebangan misalnya atau yang didapat dengan mengambil serabut secara sengaja dapat digunakan untuk media tanam pepohonan atau tanaman pot.

6. Manfaat akar pohon kelapa

Selain menjadi bagian faktor penting pohon kelapa sebagai alat untuk menyerap mineral dalam tanah agar untuk dapat bisa terus tumbuh, akar yang kuat dan kokoh dari pohon kelapa ini dapat dimanfaatkan memang tidak salah jika dijuluki sebagai satu pohon seribu manfaat selain tidak membutuhkan perawatan khusus tertentu akar pohon kelapa bisa menjadi zat pewarna alat rumah tangga. Jika kamu mengalami masalah pada kulit akar kelapa dapat dimanfaatkan menjadi obat-obatan dengan takaran tertentu untuk mengatasi gatal pada kulit pastinya.

7. Terus menghasilkan buah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun