Mohon tunggu...
Arif Fadhil Hakim
Arif Fadhil Hakim Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lebaran Tetap Kerja? Santuy! Tetap Semangat, Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja

8 Mei 2021   21:19 Diperbarui: 8 Mei 2021   21:32 205 22 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebaran Tetap Kerja? Santuy! Tetap Semangat, Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja
sumber.Hipwee

Lebaran sudah semakin dekat, hanya tinggal menunggu beberapa hari lagi.  Lebaran sudah menjadi bagian dari peristiwa besar bagi umat islam, selain itu lebaran juga merupakan peristiwa penting sehingga menjadi hari libur nasional dan cuti bersama. Lebaran dijadikan hari yang tepat untuk  berkumpul bersama keluarga merayakan hari raya Idul Fitri.

Salah satu bentuk kebahagiaan jika lebaran bisa kembali kumpul bersama keluarga, apalagi setelah beberapa lama bekerja di luar kota dan tidak bisa pulang ke kampung halaman. 

Tuntutan pekerjaan yang menjadi penghalang akibat tidak mendapatkan cuti di hari raya. Selagi masih adanya pandemi virus covid-19 pemerintah harus menetapkan larangan mudik untuk menekan angka penyebaran virus covid-19. Selain mengikuti anjuran yang dibuat pemerintah ditengah pandemi virus covid-19 dan tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan. 

Sedih rasanya jika beberapa instansi memberikan cuti di hari raya kepada para karyawannya. Sedangkan disisi lain ada profesi yang tidak mendapatkan cuti di hari raya.

Jam kerja yang berbeda serta tugas yang diberikan juga berbeda membuat beberapa profesi menetapkan untuk tidak memberikan cuti kepada para pegawainya. Jika beberapa profesi penting diliburkan maka akan ada berbagai kendala yang terjadi, seperti mengalami kebangkrutan, kekacauan, ketidakstabilan dan lain sebagainya.

Beberapa bidang pekerjaan yang tetap harus bekerja di saat suasana lebaran :

1. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Salah satunya adalah TNI/Polri profesi ini akan tetap bekerja meskipun dalam suasana lebaran, mereka bekerja demi keamanan negara dan kepentingan masyarakat profesi ini harus rela menomersatukan kepentingan negara di atas kepentingan sendiri. TNI/Polri harus terus berada di berbagai jalan mengatur arus lalu lintas dan menjaga keamanan pengguna lalu lintas.

Hal ini membuat mereka tidak bisa libur,  bahkan dihari-hari biasanya mereka diminta untuk terus menjalankan tugas demi keamanan negara dan masyarakat.

2. Bidang Pariwisata dan Transportasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN