Mohon tunggu...
Arif Alfi Syahri
Arif Alfi Syahri Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

"Hanya Mahasiswa biasa yang mencoba untuk berkarya." •Jurusan. : PAI, STAI-PIQ Sumatera Barat •Instagram : @arifalfisyahri_ •Email : arifalfisyahri94@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkuat Ukhwah, Mahasiswa PAI B STAI-PIQ Gelar Kegiatan Rihlah

15 November 2022   23:48 Diperbarui: 16 November 2022   10:11 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dok. Pribadi

Rihlah sendiri merupakan istilah dalam bahasa Arab yang berarti menempuh perjalanan jauh. Namun rihlah bukanlah sekedar perjalanan melancong dengan kegiatan-kegiatan kosong, lebih dari pada itu rihlah menjadi momentum meningkatkan persaudaraan dan silaturahmi antar manusia, membangun persatuan, meningkatkan solidaritas juga mengukuhkan ukhwah Islamiyah. 

Begitu pula yang dilakukan oleh Mahasiswa PAI B BP22 STAI-PIQ Sumatera Barat yang mengadakan acara rihlah untuk memperkuat ukhwah dan mempererat tali persaudaraan yang telah terjalin dalam beberapa waktu ini. 

Setelah beberapa opsi yang diajukan untuk mengadakan rihlah, akhirnya Pantai Pasir Jambak, Padang dipilih sebagai tempat rihlah Mahasiswa PAI B.

Minggu, 13/11/2022 semua Mahasiswa PAI B berkumpul di Kampus kemudian berangkat ke tempat tujuan. Langit mendung dan rintik hujan kala itu tidak mengurangi semangat dan antusiasme Mahasiswa untuk mengikuti serangkaian acara yang telah disiapkan oleh panitia dari awal hingga akhir.

Sesampainya di sana, seluruh anggota kelas berkumpul di tempat yang telah ditentukan, acara dibuka oleh Fikri Jumaisa selaku Ketua Panitia, Fikri menuturkan agar acara ini nantinya bisa membuat hubungan antar Mahasiswa PAI B semakin erat bahkan sudah seperti keluarga. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Nelvy Rahayu, lalu kultum dan Do'a yang disampaikan oleh Arif Alfi Syahri.

Pada kesempatan tersebut, Arif menekankan pentingnya ukhwah dan persahabatan yang tidak hanya sebatas dunia, namun persahabatan yang bisa mengantarkan ke Surga. Acara pembuka ditutup oleh sepatah kata dari Kosma PAI B M. Rizuandi. Senada dengan yang disampaikan oleh Fikri Jumaisa dan Arif Alfi Syahri, Kosma PAI B juga berharap agar acara ini nantinya dapat memberikan manfaat, tidak melalalaikan, dan semakin memperkuat rasa persaudaraan antar sesama. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara inti yang terdiri dari Lomba Pengetahuan Umum, makan bersama, Permainan Tebak Gaya, dan Foto Bersama. Semua orang tampak menikmati acara dan larut dalam suka-cita. Meskipun dingin karena hujan namun kebersamaan Mahasiswa PAI B membuat suasana menjadi hangat penuh dengan kebahagiaan. Debur ombak dan desir angin yang berhembus turut menyemarakkan kegiatan Mahasiswa PAI B STAI-PIQ  Sumatera Barat. 

Meskipun terlihat sederhana, namun tidak kehilangan subtansinya. Acara ini merupakan momentum untuk semakin mempererat persaudaraan, memperkuat persatuan, dan meningkatkan rasa solidaritas antar Mahasiswa khususnya di PAI B agar tetap solid dan kompak dalam mengarungi dunia Pekuliahan dengan segala tantangannya. 

Demikian sepenggal kisah singkat, suatu saat nantinya inilah salah satu momen yang akan senantiasa diingat, bahwa pantai ini pernah menjadi saksi bisu bertemunya orang-orang hebat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun