Mohon tunggu...
Arifah RA
Arifah RA Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Taman Tanah Merah Menjadikan Lahan Kosong Bermanfaat dan Berguna

17 Juni 2020   02:55 Diperbarui: 19 Juni 2020   07:32 22 2 0 Mohon Tunggu...

LAPANGAN TANAH MERAH atau orang-orang sudah mengenali dengan nama TANAH MERAH. Lapangan atau  lahan ini berada di perbatasan Citayam dan Depok, tanah ini merupakan lapangan yang sudah terkenal dari dulu bagi warga khususnya daerah Citayam dan berwarna merah kecoklat-coklatan . Dulunya tanah ini merupakan tanah lapang yang berisikan rumput liar dan ilalang, tapi semenjak warga mengetahui bahwa tanah ini sengketa dengan artian tidak tahu dengan kepemilikan siapa,alhasil banyak orang-orang yang mengeruk tanah itu dan dibawa truk-truk besar untuk diperjual belikan, berhubung saya warga Citayam dan tinggal di komplek yang berdekatan dengan lapangan tersebut dulu pernah dirumorkan bahwa lapangan tersebut akan dijadikan  jalan raya besar bahkan jalan TOL, tetapi ternyata tidak.

Lapangan atau lahan tersebut yang dulunya tinggi,tetapi karena sering dikeruk menjadikan tanah itu pendek atau turun dan bahkan sekarang setara dengan jalan raya  menuju arah Depok maupun Bojonggede. Jika anda kesana atau  pencarian gambar di internet Tanah Merah  terlihat jelas perbandingan tanah disebelah kanan dan kiri berbeda dengan tanah yang berada di tengah, karena sudah terlalu sering dikeruk. Akhirnya lapangan ini dijadikan arena balap liar motor bagi remaja-remaja, arena bermain layang-layangan, bahkan arena untuk belajar motor maupun mobil.

potensi tempat ini cukup strategis dikarenakan berada disebelah jalan raya menuju daerah Bojonggede maupun depok, lapangan ini luasnya besar sekali dan  lapangan atau lahan ini cukup unik karena seluruh tanahnya berwarna merah kecoklatan dan  juga lapangan ini belum terdapat rumah atau bangunan bisa dibilang masih tanah lapang kosong. Sayang jika tidak dimanfaatkan menjadi lahan yang berguna.

strategi pengembangan yang cocok dari lahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai taman rekreasi, taman ini dapat dikunjungi dikalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dapat dilihat foto susunan taman diatas yang saya rancang , didalam taman ini terdapat  :

  • (No.1) gapura selamat datang diperuntukan pengunjung masuk taman utama atau pintu masuk.
  • (No.2) gapura sampai jumpa diperuntukan ketika pengunjung untuk pulang atau pintu keluar.
  • (No.3) berisikan tulisan TAMAN TANAH MERAH dimana tulisan tersebut menjadikan salah satu focal point atau Icon dari taman tersebut, dikarenkan agar  pengunjung  mengetahui nama taman tersebut.
  • (No.4) terdapat taman yang berisikan air mancur beserta berbagai tanaman dan Bunga  untuk mengelilingi air mancur tesebut dan membuat pola belah ketupat disetiap ujung sisi berisi jalur untuk pengunjung melintasi, yang diberi nama TAMAN AIR MANCUR MERAH dikarenakan pada tugu air mancur berwarna merah,pada taman ini juga bisa menjadi Focal point atau Icon dari TAMAN TANAH MERAH.
  • (No.5) TAMAN BERMAIN ANAK terletak pada nomer 5, berisikan permainan khusus anak-anak yaitu BIANGLALA CILIK (umur 5- 12 tahun), KUDA-KUDAAN CILIK (2 tahun dengan didampingiorang tua - 13 tahun), PERAHU AYUN CILIK (5-12 tahun).
  • (No.6) BUKIT MERAH dimana pada tempat ini merupakan spot untuk berfoto-foto, tidak hanya bukit merah terdapat juga  spot-spot foto lainnya disekitar bukit merah.
  • (No.7) ARENA MERAH MUDA diperuntukan untuk Penyewaan Delman dan Kuda Poni, jalur ini merupakan perlintasan untuk Delman atau Kuda poni.
  • (No.8) ARENA MERAH TUA, arena ini merupakan penyewaan BOGGIE KART dan ATV yang  berisikan Arena besar untuk lintasan BOGGIE KART, dan Arena kecil untuk lintasan ATV.
  • (No.9) Sawung Merah, Sawung ini menyediakan tempat makan atau warung makan bagi pengunjung yang ingin istirahat sambil makan kecil  maupun makan berat.

             Adapun  beberapa kendala yang harus dipertimbangKan dalam pembangunan TAMAN TANAH MERAH ini yaitu terdapat kegiatan balap liar motor di daerah lapangan, jalan penghubung Citayam, pengambilan tanah secara illegal yang mengakibatkan tanah semakin turun. Kegiatan ini sudah rutin dilakukan warga sekitar maupun warga luar dikarenakan mereka merasa tanah itu sudah tidak dipakai dan mereka bebas untuk memakai lahan tersebut dikarenakan atas kepemilikan lahan tersebut yang tidak jelas. Adapun kendala lainnya yaitu kepemilikan tanah ini masih berstatus sengketa,banyak yang masih belum berani membangun lahan tersebut.

             lahan kosong  bukanlah lahan yang tidak terpakai atau tidak berguna,tetapi lahan kosong merupakan awal lahan yang dapat bermanfaat bukan hanya manusia, tetapi bermanfaat bagi tanaman,hewan,maupun makhluk hidup lainnya. Tergantung dengan cara apa kita memanfaatkan lahan tersebut menjadi yang berguna.

VIDEO PILIHAN