Mohon tunggu...
arif priyono
arif priyono Mohon Tunggu... Lainnya - pegawai negeri sipil

saya berusaha menjadi orang yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Diary

Diary Taman 30 Desember 2023

2 Januari 2024   14:59 Diperbarui: 2 Januari 2024   15:01 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Salam sehat

Tanggal 30 Desember 2023, hari sabtu, saya mengisi waktu dengan piket di kantor. Sembari menyisihkan waktu khusus untuk belajar. Saya belajar dari youtube sesuai arahan mentor. Belajar psikologi dan motivasi. Ada satu materi video yaitu "play now, pay later atau pay now, play later".

Hidup itu memang pilihan, dan ternyata saya termasuk yang sudah terlanjur memilih yang kurang tepat di masa hidup saya selama 40tahun. Saya lebih banyak memilih "play now pay later". Lebih banyak bermain senang-senang, jadi saat ini waktunya "membayar" karena kehidupan ekonomi saya belum merdeka, walaupun sudah jauh lebih baik. Pepatah orang " live begin at fourty" saya artikan dengan tekad saya untuk memperbaiki diri walaupun usia sudah memasuki 40tahun agar sisa hidup saya lebih berarti, syukur-syukur bisa lebih bermanfaat untuk orang lain.

Menurut mentor saya, seharusnya yang dipilih adalah "pay now. play later". Memilih membayar (dalam artian berjuang/berdarah-darah) terlebih dahulu, baru menikmati bermain kemudian. Wujud dari "pay" ini bisa seperti menyisihkan waktu dan tenaga untuk belajar hal baru, bisa juga untuk mencoba keluar dari zona nyaman bekerja, bisa juga memulai olahraga baru dan sebagainya. Mulai hal baru, mindset baru, dijaga dengan konsistensi dan persistensi, maka akan ada kebiasaan baru, akan ada karakter baru, yang akhirnya pasti akan ada hasil baru yang berbeda. Kata orang luar, "orang yang pengen hasil lebih tapi menggunakan cara yang sama, itu orang gila".

Semoga bermanfaat.

Sekian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun