Mohon tunggu...
Arief Wahyudin
Arief Wahyudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik MBKM 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cara Meningkatkan Kualitas Belajar Saat Pembelajaran Online

29 Juli 2021   04:26 Diperbarui: 29 Juli 2021   04:28 113 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Meningkatkan Kualitas Belajar Saat Pembelajaran Online
olah pribadi

Banyak sekali anak-anak yang mengeluh dan bosan belajar pembelajaran secara online di tengah pandemi Covid-19  ini jadi tantangan, baik buat orang tua maupun buat anak. 

Orang tua mendampingi anak ketika proses belajar. Karena pembelajaran online ini harusnya dimaksimalkn karena uang yang kita bayar untuk biaya sekolah anak di masa pandemi ini cukup sulit. Nah bagaimana sih cara agar dapat meningkatkan kualitas belajar saat pembelajaran online? sehingga uang yang kita keluarkan untuk biaya sekolah tidak sia sia. Simak ulasanya berikut !

Berikut cara meningkatkan kualitas belajar saat pembelajaran online

1. Membiasakan rutinas yang terjadwal

Hal kecil seperti ini sering kali dilupakan padahal efeknya sangat dapat mempemgaruhi kualitas belajar. Anak seharusnya membuat rutinitas dan jadwal yang terstruktur tetap. Walaupun di rumah, penting untuk meningkatkan rutinitas sehingga anak merasa aman dan cemas berkurang. Namun selama pembelajaran online, buat rutinitas ini terbuka menyesuaikan aktivitas anak. 

2. Menyediakan ruang dan waktu untuk istirahat

Jangan biarkan anak terlalu fokus belajar sehingga dapat membuat ia merasa jenuh sebab kita itu butuh istirahat. Karena seperti halnya pembelajaran, perlu waktu dan tempat untuk beristirahat. Contoh membiarkan anak bebas mengakses video dari laman berbagi Youtube, berinteraksi dengan teman via media sosial atau sekadar menonton satu episode kartun kesayangan. Tetapkan waktu yang jelas agar dia tahu setelah selesai istirahat akan ada sesi belajar lagi.

3. Mungurangi hal-hal yang dapat menggangu belajar

Sebisa mungkin hindarkan anak dari hal-hal yang bisa mengganggu belajar. Untuk sementara, mungkin kita tidak perlu menyalakan televisi, musik atau, aktivitas yang menimbulkan suara berisik. Jauhkan distraksi visual seperti mainan atau sepeda.

4. Menentukan satu lokasi untuk belajar

Nah ini, lokasi sangat sentral dampaknya dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Saat di sekolah, mungkin anak langsung masuk dan memperhatikan guru. Kita tidak harus menyediakan ruang khusus tetapi ada sudut yang dibuat untuk belajar lengkap dengan pendukung belajar anak misal, buku-buku dan komputer. Untuk membangun suasana belajar seperti di sekolah, kita bisa menyediakan ruang atau sudut khusus untuk kegiatan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x