Mohon tunggu...
Arief Herlambang
Arief Herlambang Mohon Tunggu... Hanya seorang penulis biasa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keistimewaan Provinsi Jambi

22 Maret 2021   15:55 Diperbarui: 22 Maret 2021   16:21 88 1 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman atau keberagaman. Keberagaman ini meliputi adat istiadat, suku, agama, keindahan alam, dan sebagainya. Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Tiap provinsi terdapat beberapa kabupaten dan kota. Keberagaman ini membuat setiap provinsi yang ada di indonesia memiliki keunikan atau keistimewaan nya sendiri. Salah satu nya adalah provinsi Jambi. Provinsi Jambi terletak di pulau sumatera, jika dilihat dari peta provinsi Jambi berada di tengah tengah pulau sumatera dan di apit antara provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Riau. Hal berikut merupakan alasan kenapa provinsi Jambi memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri.

Candi Muaro Jambi. Candi Muaro Jambi yang terletak di kecamatan Maro Sebo, kabupaten Muaro Jambi ini merupakan komplek candi agama Hindu-Buddha yang merupakan terbesar dan terluas se Asia Tenggara melebihi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Komplek candi Muaro Jambi terdiri dari beberapa candi, yaitu Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Gumpung, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, Candi Kedaton, dan Candi Astano. Di komplek tersebut tidak hanya terdapat candi saja, tetapi juga terdapat Arca Prajnaparamita, Dwarapala, GajahSimha, Umpak Batu, Lumpang/Lesung batu, dan Gong perunggu bertuliskan huruf Cina. Menurut para ahli, Candi ini diperkirakan sudah ada pada abad ke 7 masehi. Candi ini juga merupakan salah satu dari situs warisan dunia UNESCO yang telah didaftarkan pada tahun 2009.

Sungai Batanghari. Sungai Batanghari adalah sungai yang terpanjang di pulau Sumatera. Sungai ini melintasi 2 provinsi, yaitu provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Sebagian besar sungai ini berada di provinsi Jambi yang melewati beberapa daerah, yaitu Tanjung Jabung, Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, Tebo dan Bungo. Panjang sungai ini kurang lebih 800 km yang bermuara di Selat Malaka dan ber hulu di Gunung Rasan. Sungai ini juga menjadi landmark atau ikon dari provinsi Jambi. Tak hanya itu saja, sungai ini juga bisa menjadi tempat wisata untuk menikmati keindahan nya dari Jembatan Gentala Arasy di Kota Jambi dan juga hanya sekedar melintasi sungai ini dengan perahu. Konon katanya, di sungai ini tepatnya di dasarnya terdapat harta karun peninggalan zaman kerajaan dahulu. "Aset-aset peninggalan sejarah masih banyak yang belum terungkap. Misalnya peninggalan kerajaan Melayu terbesar", kata Toni Mambo kepala BP3 (Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala) Jambi pada tahun 2014 lalu.

Gunung Kerinci. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang berlokasi di antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, lebih tepatnya antara Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Solok. Tinggi gunung ini adalah 3.805 meter yang merupakan gunung berapi tertinggi di pulau Sumatera dan Indonesia. Gunung ini merupakan salah satu dari the 7 summits of Indonesia atau 7 puncak tertinggi di Indonesia. Di sekitar gunung Kerinci juga banyak terdapat perkebunan teh yang bernama Kayu Aro. Secara administratif, gunung ini merupakan wewenang Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS. Banyak sekali pendaki atau turis yang ingin mengujungi gunung ini, mulai dari lokal hingga mancanegara. Daya tarik yang mempesona tentunya salah satu alasan kenapa pendaki ingin sekali mendaratkan kakinya di puncak gunung ini. Untuk mendaki gunung ini, rute termudah nya terletak di desa Kersik Tuo Kerinci.

Itulah beberapa alasan mengapa provinsi Jambi itu istimewa, karena terdapat hal hal yang tidak dimiliki oleh provinsi lain di Indonesia. Kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya menjaga dan melestarikan budaya dan keindahan alam yang dimiliki tiap provinsi atau daerah kita sendiri agar tidak hilang dipengaruhi zaman.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x