Arief Budimanw
Arief Budimanw lainnya

rumah di jakarta..

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan

Es Pisang Ijo Menu Wajib di Parepare Sulawesi Selatan

17 Mei 2018   22:35 Diperbarui: 17 Mei 2018   22:59 935 1 0
Es Pisang Ijo Menu Wajib di Parepare Sulawesi Selatan
dokumentasi pribadi

Jika sedang berada di kota parepare Sulawesi selatan jangan pernah lupa satu hal. Ketika mentari beranjak turun ke peraduan dan magrib akan segera turun jangan berada di luar rumah. Sepi dan tidak akan anda jumpai warung yang buka. Karena semua dagangannya rata-rata sudah habis. Jikapun tidak habis maka biasanya sudah dimakan oleh yang dagang ataupun sudah kukud, dibawa pulang.

Jangan heran jika melihat pemandangan di hampir setiap pintu masuk lorong, atau gang, akan dijumpai , para pedagang kecil menjajakan es pisang ijo dan es campur. Biasanya gorengannya hanya jalangkote. Jarang ditemui bakwan ataupun pisang goreng. Jika ingin yang seperti itu maka harus pergi ke pusat jajanan buka puasa yang berada di jalan raya Ahmad yani.

Menu es pisang ijo adalah menu wajib buka puasa. Dan satu-satunya yang paling digemari disana. Pisangnya mengenyangkan, bubur sumsumnya yang lembut akan terasa mengalir nyes di mulut. Es batunya akan menghilangkan haus kita. Lapar dan haus seharian pun akan hilang dalam sekejap. Sehingga bisa melanjutkan ibadah shalat magrib dengan tenang. Hampir semua perempuan Sulawesi mampu dan pandai membuat makanan ini, sehingga tidak terlalu susah mencarinya saat ini.

Jikapun kita temui es pisang ijo di Jakarta ataupun tempat lain di pulau jawa. Kenikmatannya beda. Walaupun mungkin alat dan bahan yang dibuatnya sama.

Sebagai tambahan menurut hasil penelitian ahli gizi ditemukan temuan sebagai berikut , pisang selain mengenyangkan, dia mengandung senyawa fructooligosaccaride yang mendorong bakteri probiotik menyerap kalsium dalam tubuh. Dalam 100 gram Kandungan gizi pisang ambon mengandung  99 ka.  Karbohidrat 25,8 %. Vitamin A 17,2 s dan air 72 %.

Selamat berbuka dengan yang nikmat.

Sumber

Faisalgozali.blogspot.co.id/2015/12/laporan-peraktikum-gizi-kuliner-1bubur.html?m=1

reseplezat.net