Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Trans Yogyakarta dan Trans Jakarta

28 Januari 2019   23:17 Diperbarui: 29 Januari 2019   00:18 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kawasan Marlioboro Yogyakarta. Photo by Ari

Saya senang berkeliling kota sendirian. Tentu saja kala hari siang. Beberapa tahun yang lalu, saat saya masih bekerja di kota Purwokerto, Jawa Tengah. Saya juga mencoba berbisnis sampingan dengan berjualan buku cerita anak.

Selain menitipkan buku-buku cerita anak di toko-toko buku area Purwokerto, saya juga mengembangkan area penjualan ke Yogyakarta. Dengan naik kereta api ekonomi jurusan Purwokerto Jember, saya berhenti dan turun di stasiun Lempuyangan.

Pertama kali saya menjejakkan kaki di Yogyakarta untuk bisnis marketing buku, saya dijemput seorang sahabat dan di antar ke salah satu toko buku di areq Marlioboro. Selanjutanya mengikuti arahan teman saya, maka saya berkeliling Yogjakarta menggunakan bus Trans Yogya yang pada saat itu tiketnya seharga Rp.3000,- pada sekitar tahun 2009-2010.

Akhirnya, saya berhasil mendatangi beberapa toko buku, dengan naik bus Trans Yogya ini. Dan tentunya murah meriah. Perjalanan bisnis saya di Yogya berlangsung hampir 2 tahun. Pengalaman naik bus trans Yogya, membuat saya merasa nyaman mengelilingi kota Yogyakarta meski sendirian. 

...

Tahun lalu, 2018, ibu saya ingin mengunjungi candi Prambanan. Kami mengunjungi keluarga adik nenek di desa Gancahan, Sleman, Yogyakarta

Kami naik bus Trans Yogya dari Halte Godean dan transit 1x untuk bertukar bus jurusan Prambanan. Perjalanan lancar, dan kami tiba di Candi Prambanan dengan naik bentor (becak motor) dari halte sampe pintu gerbang masuk candi Prambanan. Perjalanan jadi menyenangkan dan nyaman dengan adanya bus Trans Yogyakarta. Juga murah meriah. Ibu saya pun senang.

Ibu mengunjungi Candi Prambanan.. photo by Ari
Ibu mengunjungi Candi Prambanan.. photo by Ari
...

Setelah keluar dari Purwokerto, saya bekerja di area Jakarta. Di sinilah saya mulai terbiasa dengan bus Trans Jakarta. Saya mulai berencana mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta dengan transportasi umum yang sekarang sudah nyaman yaitu bus trans Jakarta. Tiketnya seharga Rp. 3.500,-.

Saat liburan sekolah, atau di waktu weekend saya, Ibu kadang berlibur ke Jakarta. Ibu ingin mengunjungi tempat wisata seperti: Kota Tua, Kawasan Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional (Monas), Kebun Binatang Ragunan dll. 

Bertiga naik Trans Jakarta ke arah Kota. Photo by Ari
Bertiga naik Trans Jakarta ke arah Kota. Photo by Ari
Semua tempat wisata tersebut dapat dikunjungi dengan naik bus Trans Jakarta sesuai jurusan masing-masing. Sungguh sangat menyenangkan mengelilingi kota Jakarta. Mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta bersama keluarga. 

Pernah suatu kali keluarga kakak saya datang ke Jakarta bersama para keponakan saya. Mereka juga suka berkeliling Jakarta dengan bus Trans Jakarta dan City tour Bus. 

Di halte bus Trans Jakarta Halte Kota. Photo by Ari
Di halte bus Trans Jakarta Halte Kota. Photo by Ari
Akses bus Trans Jakarta juga sudah sampai luar kota seperti BSD, Tangerang, dan Karawaci. Ini juga memudahkan saya untuk mencapai kota-kota tersehut sesuai keperluan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun