Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Film

"Sultan" (Sebuah Tulisan)

11 Januari 2019   18:30 Diperbarui: 23 Januari 2019   17:25 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Danau di area Kubangkangkung, Cilacap, Jawa Tengah

SULTAN (Judul Film India)

Hal yang saya renungkan dari menonton film Sultan. Tulisan bukan berisi resume Film.

Hal yang paling saya tidak suka bahkan hanya sekedar untuk lihat saja.. apalagi mengalaminya.. yaitu "kegagalan" ...bahkan saat nonton film saja..saya lebih suka "skip it"..setiap tokoh utama dalam kisah - kisah film ..ah sebutlah movie bukan film hehe.. juga mengalami kegagalan2 dan masih terus berlanjut dengan kisah selanjutnya..yang biasanya "happy ending" kisah kesuksesan tokoh utama..

Dalam dua movie India yang saya lihat.. tokoh-tokoh besar ini jatuh diawali dengan titik puncak kejayaannya yang membuatnya menjadi lupa untuk menjadi rendah hati..baiklah..kata yang familiar adalah sombong.. kesombongan menjadi awal mula kejatuhan mereka..kegagalan mereka.. namun.. dalam kisah kisah mereka tidak berakhir dalam kegagalan tersebut.. 

mereka merenungkan kegagalan mereka dan memutuskan untuk bangkit.. lalu mencapai kejayaan selanjutnya dalam kapasitas berkualitas lebih baik.. atau sebutlah dobel.. karena.. kejatuhan mereka mengajarkan tentang kerendahan hati.. yah sukses selanjutnya ..diiringi dengan karakter baru..kerendahan hati..itulah mengapa saya bilang kesuksesan dengan kualitas lebih baik.

Baiklah..kembali ke kisah "Sultan" yang sedang saya tonton malam ini dan masih berlanjut kisahnya.. belum berakhir.. belum selese movienya..dan belum kelihatann endingnya..hanya saja sudah lewat masa kritis kegagalannya.. saya sedang melihat bagian masa-masa bangkitnya.. meski demikian .. tidak mudah usaha dalam mengatasi kegagalan tersebut..dalam masa-masa bangkitnya.. tantangan lebih besar.. oya ini kisah seorang "pegulat".. saya juga tidak tahu... apakah ini based on the true story or not.. but enjoy it as inpiring movie..

Ah.. begitu juga ini terjadi dalam kehidupan.. saya khusunya.. tidak tahu dengan anda.. kegagalan demi kegagalan seperti hantu-hantu dalam kehidupan saya.. hal-hal yang susah terlupakan namun tak bisa ter "skip" kan sesuatu.. 

yang entah karena kesalahan saya dan banyak juga karena itu .. ataupun alasan lainnya..namun harus dilewati .. dihadapi.. tidak mudah sungguh menghadapi masa-masa bangkit dari kegagalan.. namun..ada tangan Tuhan yang kuat.. hati Tuhan yang sangat mengasihi saya.. yang sampai detik ini terus menolong saya mengahadapi dan bangkit dari kegagalan hidup saya..

Semoga Tuhan terus menaruh dalam hati saya ingatan ingatan tentang pertolonganNya yang sempurna dan tepat waktu sehingga menjaga hati saya dari lupa akan kerendahan hati.. for every good thing is from God alone..all the glory is for God alone..

Kisah dalam movie selalu ada ending yang cepat kita ketahui..dalam 2 x 60 menit..yah kalau India movie.. bisa lebih.. tapi tidak dengan kehidupan kita.. real life.. Tuhan saja yang tahu kapan ending nya.. dan kita ..ah saya maksudnya.. tidak tahu bagaimana ending kehidupan saya nantinya.. hanya terus menerus bersandar dan berpaut pada Tuhan saja.. kehidupan ini..terus berjalan dan semoga hingga end of my life.. Tuhan mendapati saya tetap setia padaNya..dengan iman yang dianugerahkan pada saya..

Demikianlah sahabat-sahabatku..jika kau punya waktu membaca status"tulisan panjangku".. semoga kau pun mendapat sedikit transferan semangat ..untuk terus berjuang dan bersemangat menghadapi kehidupan yang keras ini..di awal tahun 2017.. dengan petualangan kehidupan yang baru lagi.. tetap ingat untuk mengandalkan Tuhanmu ..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun