Mohon tunggu...
Aria SenaJuliyanto
Aria SenaJuliyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Dapat Membentuk Karakter Seseorang

31 Juli 2021   23:59 Diperbarui: 1 Agustus 2021   00:38 13 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Dapat Membentuk Karakter Seseorang
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembukaan 

Pendidikan adalah suatu bekal ilmu yang dimilki seseorang untuk menuju masa depan. Baik dari segi kepribadian, ilmu pengetahuan, keterampilan, penelitian dan sebagainya. Selain itu karakter seseorang pun sangat diperlukan dan diutamakan untuk membentuk karakter pribadi yang lebih baik.

Karakter adalah kepribadian atau kebiasaan seseorang yang biasa dilakukan sehari-hari untuk menjalan aktivitasnya. Biasanya seseorang akan terlihat dengan perilaku yang dilakukan saat mengerjakan pekerjaanya

Pendidikan karakter ini sangat di perlukan untuk  membentuk pribadi yang baik. Agar seseorang menjadi lebih menghargai dan menghormati orang lain. Tujuan pentingnya pendidikan karakter menurut Foerster  adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam kesatuan esensial antara subjek dengan perilaku serta sikap yang dimilikinya.

Salah satu untuk mejuwudkan menyelenggarakan pendidikan yaitu sekolah. Di Indonesia Pemerintah mewajibkan menyelenggarakan pendidikan untuk membangun karakter dan mencerdaskan kehidupan bangsa.Terdapat dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 berbunyi “ setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”.

 Isi

Mengapa pendidikan itu sangat penting?, karena dengan adanya pendidikan kita bisa mendapatkan pengetahuan yang luas. Pendidikan memberikan pengalaman dan pembelajaran yang begitu penting bagi seseorang mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial, dan agama dalam memandang kehidupan. Pendidikan itu sebenarnya diperoleh dari pengalaman, penelitian, dan pembelajaran yang diajarkan oleh kehidupan kita. Maka dari itu Pemerintah mewajibkan setiap warga nergara harus mendapat pendidikan yang baik di mulai sejak dini, supaya ketika  dewasa nanti menjadi Sumber Daya Manusia yang  lebih baik dan berkompeten.

Di sekolah biasanya kita diajarkan  ilmu pengetahuan, teknologi dan karakter. Disekolah kita untuk mempelajari ilmu pengetahuan, kita diajarkan dengan cara membaca, menulis, menghitung, meneliti, dan sebagainya. Dari situlah kita bisa melihat jendela dunia dan mempelajari apa yang kita belum bisa.

Pendidikan selain penting untuk berkarir juga sangat penting menjadikan seseorang  yang berkarakter karena membuat kita menjadi lebih beradab. Pada umumnya Pendidikan adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang. Pendidikan  pada dasarnya membuat kita sebagai manusia menjadi berpikir, menganalisa, serta meneliti. Menumbuhkan karakter seseorang merupakan tujuan utama pendidikan, sehingga menciptakan Sumber Daya Manusia yang lebih baik.

Pendidikan juga mengajarkan kita untuk disiplin. Karena sewaktu sekolah kita diajarkan untuk disiplin mulai dari diri kita sendiri. Contoh seperti memakai seragam sesuai aturan sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh bapak/ibu guru, masuk kelas tepat waktu, memotong rambut dengan rapih dan sebagainya.

Di sekolah juga biasanya kita diajarkan untuk saling menghormati, menghargai, dan bertoleransi antar sesama dan kita tidak memandang golongan, suku, ras, dan agama. Contoh mengikuti ekstrakulikuler, mengikuti organisasi dan bekerja kelompok agar aktif di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Dari situlah kita bisa belajar saling menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x