Mohon tunggu...
ARI SUGIARTINI
ARI SUGIARTINI Mohon Tunggu... Guru

Pendidik di TK Cendekia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pentingnya Kegiatan "Puncak Tema" pada Pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)

22 November 2020   14:15 Diperbarui: 22 November 2020   14:33 165 2 0 Mohon Tunggu...

Anak Usia Dini adalah pembelajar aktif. Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang besar. Anak usia dini bagaikan kertas putih dimana isi dari kertas itu tergantung pada bagaimana stimulasi itu kita berikan padanya. Oleh karenanya sangat penting untuk memberikan pembelajaran langsung berpusat pada anak.

Pembelajaran yang dilakukan pada Anak Usia Dini adalah suatu proses belajar mengajar dengan menggunakan benda konkrit. Pembelajaran tersebut diantaranya dapat kita lakukan dengan membawa benda asli dalam kelas, misalnya pada tema tanaman sub tema tanaman hias dan sub sub tema bunga mawar, kita sebagai seorang guru dapat membawa bunga mawar kedalam kelas untuk mengeskplor rasa ingin tahu anak, menggali minat belajar anak, menyediakan ruang pembelajaran anak yang mendukung kreatifitas belajar anak.

Namun sering terjadi masalah ketika berganti tema dan kita kesulitan dalam membawa objek konkrit pada anak. Misalnya dalam Lembaga saya saat Tema Keluarga, Sub Tema Pekerjaan Anggota Keluarga, Sub Sub Tema Pemadam Kebakaran. Guru memberikan pembelajaran menggunakan video tentang pekerjaan pemadam kebakaran melalui Laptop dan LCD pada anak, namun kegiatan tersebut dirasa kurang dalam memberikan pengalaman langsung pada anak.

Dengan melakukan refleksi pada kegiatan tersebut guru menyadari betapa pentingnya kegiatan Puncak Tema pada pembelajaran Anak Usia Dini. Karena dengan kegiatan Puncak Tema memberikan pengalaman langsung dengan anak baik didalam dan diluar kelas untuk melakukan proses belajar.

Kegiatan Puncak Tema yang dilakukan oleh TK Cendekia UPT SKB Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, yang beralamatkan di Jl.Jurit Cerme Kidul Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Adalah salah satu contoh dari kegiatan Puncak Tema berkunjung ke Pemadam Kebakaran di Kab.Gresik. Kegiatan ini dilakukan pada semester 1 pada Hari Rabu, 30 Oktober 2019 .Petugas disana sangat ramah ketika kami mengajukan permohonan kegiatan Puncak Tema Anak Usia Dini untuk pengenalan dan praktek langsung tentang Pekerjaan Pemadam Kebakaran.

Dalam kegiatan puncak tema ke pemadam kebakaran banyak sekali yang dapat dipelajari anak-anak. Misalnya anak melakukan simulasi pemadam kebakaran dengan aman bersama ahlinya. anak mendapatkan pengetahuan langsung mengenai alat yang diperlukan untuk pekerjaan pemadam kebakaran, Anak juga bersenang-senang bermain air setelah kegiatan usai dengan selang pemadam kebakaran. Pengalaman anak tersebut tidak bisa didapat hanya dengan melihat video dalam kelas. Dari sini saya ingin memberikan argument saya tentang pentingnya kegiatan puncak tema anak usia dini yang memberikan pengalaman langsung, dan peran aktif anak pada pembelajaran yang baru bagi anak.

Kegiatan Dibimbing Langsung oleh Bapak Pemadam Kebakaran
Kegiatan Dibimbing Langsung oleh Bapak Pemadam Kebakaran

Kegiatan Simulasi memadamkan api bersama Bapak Pemadam Kebakaran
Kegiatan Simulasi memadamkan api bersama Bapak Pemadam Kebakaran

Keseruan Bermain Air dengan Selang Pemadam Kebakaran
Keseruan Bermain Air dengan Selang Pemadam Kebakaran

Maka marilah kita melakukan Kegiatan Puncak Tema pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Tidak perlu dalam semua kegiatan Puncak Tema dilakukan diluar sekolah, kegiatan puncak tema juga dapat dilakukan didalam kelas dengan tetap memberikan pengalaman langsung pada anak yang berpusat pada anak.

Kegiatan Puncak Tema Menanam Tanaman Hias : 7 Februari 2020
Kegiatan Puncak Tema Menanam Tanaman Hias : 7 Februari 2020

VIDEO PILIHAN