Mohon tunggu...
Arfi Rahmawati
Arfi Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Masak

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Keunikan Angka 0

9 Desember 2022   07:04 Diperbarui: 9 Desember 2022   07:20 915
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apakah angka 0 itu unik? Ya, tentu saja, karena 0 adalah angka istimewa yang memiliki banyak fakta unik pada fungsinya . Sedikit orang yang mengetahui kelebihan dari angka 0 ini, maka dari itu mari kita simak bersama artikel ini!

Siapa yang menemukan angka 0?

Nol ditemukan oleh Brahmagupta (ahli astronomi dan ahli matematika Hindu) pada tahun 628 M di India, kemudian digunakan oleh orang Persia dan Arab dan kemudian di Eropa. Yang kemudian dipopulerkan oleh Leonardo de Pisa. Pada awalnya, nol sama sekali tidak populer, begitu pula sistem penghitungan kami saat ini. Namun Leonardo menulis sebuah buku yang menunjukkan keajaiban dari angka 0 ini, dimana angka ini sangat berguna pada salah satu karyanya yaitu deret fibonacci.

Apa itu 0? Apa keistimewaan angka 0?

0 (nol) adalah angka dan digit numerik yang digunakan untuk mewakili angka tersebut dalam angka. Angka 0 adalah satu-satunya bilangan real yang tidak positif maupun negatif. Nol tidak memihak, artinya tidak ada yang namanya -0 dan +0. Keistimewaan angka ini yaitu dapat menetralkan semua angka, karena berapa pun angkanya jika dikalikan dengan 0 hasilnya pasti 0. 

Angka 0 bukan awal juga bukan angka akhir. Angka 0 tidak bisa dikatakan angka terdepan ataupun terkecil karena masih ada bilangan negatif, angka 0 juga tidak bisa dikatakan angka akhir karena masih ada bilangan positif. Namun tidak ada angka yang berdiri sendiri tanpa 0 karena pada dasarnya semua angka disertai oleh 0. Contohnya angka 2 sebenarnya ialah 2,00 namun hanya saja agar lebih mudah dibaca dan ringkas maka yang digunakan hanya angka 2. Jadi angka 0 adalah angka yang tidak terikat tetapi melekat di semua angka.

Angka 0 menarik sangat menarik bukan? Tidak hanya menarik namun juga penting, angka 0 ini sangat penting didalam matematika maupun dikehidupan sehari-hari. Tanpa adanya bilangan nol sebagai angka, semua ini tidak akan mungkin terjadi. Dalam kehidupan sehari-hari angka 0 berperan penting seperti contohnya yaitu nominal uang, tanpa 0 bagaimana Rp20.000,00 bisa dituliskan? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun