Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Manfaat Air Hujan

14 November 2022   21:35 Diperbarui: 14 November 2022   21:42 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di kota saya hujan sejak  sore hari hingga malam,  karena sudah memasuki bulan ber ber ber pastilah akan terjadi hujan terus menerus, di kala itu kita pergantian musim maka dari bulan September hingga Desember potensi hujan akan banyak. 

Nah ....penulis teringat masa kecil di saat air hujan turun dari langit, maka  sangat membahagiakan karena orang tua mengizinkan main hujan-hujanan yang penulis ingat pada waktu itu asyik mandi hujan-hujanan, suka banget dan sebagai anak pada waktu itu merasakan mandi air hujan-hujanan.   Namun tulisan ini bukan cerita mandi hujan nya tapi mencoba berbagi tentang hujan dampaknya bagi Kesehatan.

Setelah penulis di karuniai anak, maka anak -anak kalau di waktu hujan tidak melarangnya untuk bermain hujan bahkan selalu mengizinkannya, mandi, ber lari-lari di tengah turunnya air hujan namun dengan catatan kondisi tubuhnya sedang baik-baik saja tidak dalam keadaan flu, batuk dan demam karena pasti dia dingin, karena masa kecil pun  di ijinkan oleh orang tua, maka penulis pun mengijinkan anak untuk mencoba dan merasakan air yang turun dari langit langsung jatuh ditubuhnya. 

Seru juga katanya....Hal itu adalah kegiatan bermain air hujan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, satu persatu tubuhnya kena tetesan air hujan lalu masuk ke pori-porinya.   Mencoba mempelajari apakah ada manfaat air hujan pada kulit manusia?

Penulis akan menggali dikit ya apa sebenarnya manfaat air hujan itu,  akan coba berbagi sedikit manfaat air hujan mungkin masih banyak yang tidak mengetahuinya.

Sobat pembaca,  ternyata manfaat air hujan baik untuk wajah,  untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit jadi air hujan itu memiliki kandungan pH basah sehingga dapat membantu menghilangkan kotoran-kotoran serta bakteri yang sering menyebabkan tumbuhnya jerawat. Khusus yang kulitnya berjerawat boleh juga mencobanya, mudah dan menyegarkan.

Manfaat lainnya bagi air untuk pertanian,  industri kebersihan dan energi listrik.  Jadi banyak sekali manfaatnya air hujan itu.  Yang jelas digunakan untuk mengatasi pertanian yang utamanya karena tanaman itu memerlukan air,  kemudian industri itu juga sangat butuh air untuk kegiatan dalam misalnya kebersihan.  

Jadi banyak orang mengira kalau air hujan itu hanya memberikan dampak buruk,  misalnya seseorang yang kena air hujan dapat mengakibatkan terserang sakit  flu,  pusing hingga demam padahal manfaat banyak.

Namun siapa sangka kalau air hujan ini dapat mencegah sakit kanker?  Bagaimana prosesnya? Sobat pembaca karena PH air hujan itu basa yang dapat membantu menghambat proliferasi sel kanker sehingga air hujan yang bertindak sebagai antioksidan mampu mengendalikan pH netral darah dan sel tubuh.  Jadi kalau ada hujan turun jangan takut, jangan malas.  

Coba juga ya kita meminum airnya langsung yang jatuh dari langit tanpa melalui melalui atap atau melalui apapun tapi yang langsung dari langit kita ambil air hujan itu terus diminum. 

Selain mengobati jerawat dan kanker tadi ternyata  juga menyembuhkan penyakit yang sangat kadang-kadang malu-maluin  "bisul" nih.  Air hujan dapat  mengatasi bisul.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun