Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Buruh - Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Anjangsana Lebaran dari Gunung ke Gunung

3 Mei 2022   11:36 Diperbarui: 3 Mei 2022   17:12 737 22 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Setiap kali lebaran, suasana desa berubah menjadi sedikit hiruk pikuk penuh keriuhan para pemudik. Sanak keluarga, handai taulan, dan kerabat saling beranjangsana bermaaf-maafan.

Ada juga dusun yang justru makin sepi karena warganya bepergian ke tempat lain demi merasakan suasana yang berbeda. Sekalipun yang dikunjungi tetap saja di daerah pinggir hutan atau lereng gunung.

Hari pertama lebaran kali ini, kami berdua pun beranjangsana ke kerabat yang ada di lereng Gunung Arjuno sekitar 25 km barat laut dari pusat kota Malang. Tidak terlalu jauh. Hanya saja sepanjang 3 km harus melewati belantara dan 4 km kebun teh.

Perjalanan yang cukup menantang karena 7 km jalan berupa tanah dan bebatuan sebesar kepalan tangan hingga bantal. Apalagi selama bulan April ini hujan masih terus menghujam deras hampir tiap hari. Jalan tentu menjadi lebih licin.

Dokumen pribadi.
Dokumen pribadi.

Dokumen pribadi.
Dokumen pribadi.

Dokumen pribadi.
Dokumen pribadi.

Demi keamanan salah satu harus jalan kaki. | Dokumen pribadi 
Demi keamanan salah satu harus jalan kaki. | Dokumen pribadi 

Mata harus selalu memandang ke roda depan persis agar tidak salah jalur. Melindas batu yang lepas dari tanah bisa jatuh tersungkur. Melewati batu sebesar bantal yang kokoh tapi licin bisa terpeleset.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan