Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jalma desa saba wana.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Indahnya Kebersamaan Petani Saat Panen Padi

2 Juni 2020   16:20 Diperbarui: 5 Juni 2020   01:46 175 31 13 Mohon Tunggu...

Wilayah Malang, pada saat ini boleh dikatakan sedang panen raya padi, sebab hampir seluruh wilayah utara, timur hingga selatan banyak yang sedang panen padi.

Namun, bukan hanya padi tetapi juga sayur yang harganya tiga hari menjelang hari lebaran sempat jatuh terjun bebas tak terkendali.

Beda dengan padi atau gabah yang harganya relatif stabil. Tentu saja ini membuat bahagia para petani, sekali pun mungkin ada sedikit kekecewaan karena hujan yang menderai malam selama beberapa hari membuat kandungan air pada padi menjadi lebih banyak sehingga kala dikeringkan menjadi gabah susutnya cukup banyak.

Di sisi lain, hujan dan angin malam hari membuat padi roboh terbebani air hujan yang tentu saja sedikit banyak merusak padi.

Padi sebagai komoditas utama hasil pertanian dalam budaya Jawa, jika hasil panen padi bagus maka merupakan anugerah tersendiri dan patut dirayakan.

Kompasianer kawakan, Abah AJ yang sekarang tidak aktif lagi dalam sebuah komen di tulisan saya pada 2013 mengatakan betapa Beliau merasa terharu ketika temannya yang bekerja di luar pulau harus kembali ke Ngawi karena harus mengikuti panen padi di desanya.

Kegembiraan ini juga ditulis oleh Kompasianer Fatmi Sunarya pada tulisannya Gotong Royong pada Saat Panen Padi di sekitar Danau Kerinci.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Pencari jerami. Dokpri
Pencari jerami. Dokpri
Seperti halnya di tempat lain, di wilayah kami yang subur masa panen padi juga merupakan masa yang sangat dinanti oleh para petani lain yang bukan pemilik lahan panen terutama mereka yang mempunyai piaraan lembu atau sapi yang sangat membutuhkan jerami sebagai pakan sapi.

Mahalnya harga rumput gajah yang ditanam di pematang sawah dan sulitnya mencari rumput liar maka jalan satu-satunya adalah mencari jerami secara gratis.

Namun mencari jerami bukanlah hal yang mudah karena sawah di sekitar wilayah timur laut hingga tenggara Malang kini bukan hanya ditanami padi tetapi juga sayur mayur.

Maka para pemilik sapi setiap hari setelah bekerja mengelola sawahnya sendiri atau bekerja sebagai buruh tani yakni pada jam 11 siang harus keliling dari desa ke desa untuk mencari jerami pada sawah yang sedang panen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x