Mohon tunggu...
Mbah Ukik
Mbah Ukik Mohon Tunggu... Jajah desa milang kori.

Wong desa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keceriaan Warga Desa Kala Mandi dan Mencuci di Telaga

29 April 2019   09:54 Diperbarui: 29 April 2019   10:21 243 11 5 Mohon Tunggu...

Di pedesaan wilayah pegunungan, adanya sungai yang deras dengan airnya yang jernih dan mata air yang dingin, atau telaga jernih dan indah merupakan hal yang biasa. 

Demikian juga wilayah Malang yang di kelilingi gunung gemunung seperti Bromo dan Semeru yang ada di bagian timur, Buring dan pegunungan kapur di bagian selatan, dan Gunung Kawi, Panderman, Banyak (orang desa menyebut pager gunung), Arjuna dan Welirang banyak sekali ditemukan mata air, air terjun (bahasa Malang: coban), telaga, dan sungai yang bersih.

Keberadaan mataair dan telaga memang kini ada yang telah mati atau terhimpit perumahan warga bahkan tertutup komplek perumahan elite dan berubah menjadi semacam kubangan tak berarti. Memang masih ada yang tetap dirawat namun menjadi sebuah telaga eklusif yang hanya bisa dinikmati warga perumahan tersebut. 

Sedang masyarakat hanya bisa memandang dari jauh atau hanya menikmati sepintas saja. Salah satunya adalah Telaga Tirtomoyo yang pernah posted penulis lewat sebuah cerpen Bidadari dari Desa Tirtomoyo.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Semua membaur. Dokpri
Semua membaur. Dokpri

Ada juga telaga-telaga kecil nan indah yang kini sudah menjadi tempat wisata ekonomis, di antaranya Wendit Lanang, Sumber Gentong, Sumber Maron, dan Sumber Sira.

Kali ini, penulis mengajak ke Dusun Sumber Gentong yang tak jauh dari pusat kota Malang. Jaraknya kurang lebih hanya sekitar 5 km saja. Disebut Sumber Gentong karena telaga ini kedalamannya membentuk sebuah lubuk besar ( Jawa: kedung ) yang cukup dalam. Lubuk atau kedung ini dalam bahasa Jawa disebut nggentong yang artinya membentuk seperti gentong atau tempayan tempat menyimpan air.

Sumber Gentong menjadi tempat mandi dan cuci bagi masyarakat sekitar Desa Tirtomoyo. Setiap pagi hingga siang pria wanita, tua muda, anak dan remaja dan silih berganti sekedar untuk mandi dan berenang atau juga mencuci pakaian namun semua dilakukan sambil bercengkerama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN