Mohon tunggu...
KKN UM Curahnongko Jember
KKN UM Curahnongko Jember Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

"Memang baik menjadi orang hebat, tapi lebih hebat menjadi orang baik."

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bangun Percaya Diri Anak: KKN UM Pulang Kampung Desa Curahnongko Adakan Lomba Tradisional

30 Juli 2021   08:21 Diperbarui: 30 Juli 2021   09:09 39 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bangun Percaya Diri Anak: KKN UM Pulang Kampung Desa Curahnongko Adakan Lomba Tradisional
Dok. pribadi

Membangun rasa percaya diri anak termasuk bagian dari kecerdasan intrapersonal, yang mana anak memiliki kemauan tinggi, keinginan yang kuat dan belajar dengan baik seorang diri. Sifat percaya diri dapat dicapai apabila anak antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan, melalui kegiatan permainan tradisional dapat membangun sifat percaya diri pada setiap individu.

Minggu (25/07) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negri Malang yang berlokasi di Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember bersama dengan anak-anak SD mengadakan kegiatan Lomba Permainan Tradisional. Lomba itu di selenggarakan di halaman rumah Pak Dul Halim selaku perangkat desa Curahnongko. Lomba tersebut dihadiri oleh kurang lebih 25 peserta. Peserta yang mengikuti lomba dari kalangan anak SD mulai kelas 1 sampai kelas 5. Lomba permainan tradisonal meliputi lomba memasukan paku dalam botol dan balap karung.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dengan diadakan lomba permaianan tradisional tersebut, diharapkan anak-anak di desa Curahnongko dapat meningkatkan rasa percaya diri, melatih kreativitas anak, meningkatkan daya tahan tubuh anak, menghilangkan rasa kejenuhan anak akibat pandemi covid-19 karena berdiam diri di rumah terus serta untuk melestarikan permainan tradisional yang sudah mulai tergusur oleh permainan online.

Meskipun pada masa PPKM tidak membuat anak-anak terhambat untuk mengikuti lomba, mereka tetap mengikuti lomba dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dimana memakai masker dan menjaga jarak. Kegiatan lomba tersebut juga berlangsung cukup lama mulai pukul 08.30 hingga pukul 10.30, antusia anak-anak mengikuti lomba itu sangatlah tinggi, dimana mereka saling menyemangati teman-temannya satu sama lain, anak-anak pun merasa gembira.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN