Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Inilah Alasan Kenapa Harus Menjadi Relawan di Asian Games 2018

19 Mei 2017   06:53 Diperbarui: 19 Mei 2017   20:51 19237 8 5
Inilah Alasan Kenapa Harus Menjadi Relawan di Asian Games 2018
Sumber: Indonesia.travel

Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah Asian Games! Segala persiapan venue dan sarana penunjang lainnya terus dikejar jelang pembukaan pada Agustus 2018 nanti. Total 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade akan dipertandingkan di Jakarta dan Palembang. Meskipun pesta olahraga terbesar di Benua Asia masih menunggu setahun lagi, pendaftaran untuk menjadi relawan di Asian Games 2018 sudah dibuka. Ada yang berminat?

volunteer.jakarta-palembang2018.org
volunteer.jakarta-palembang2018.org

Mungkin dalam event Asian Games 2018 ini Saya mengurungkan niat untuk mendaftar (lagi) sebagai relawan karena kesibukan lain. Tapi Saya punya beberapa alasan mengajak kalian untuk segera mendaftar berdasarkan pengalaman Saya menjadi Liaison Officer (LO) untuk gelaran Sea Games 2011 yang juga digelar di Jakarta dan Palembang.

Pengalaman berharga dari event skala Internasional

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Mungkin banyak yang sudah pernah bekerja menjadi relawan di berbagai jenis event seperti pameran, konser, konferensi, dan lain-lain. Tapi menjadi relawan di ajang multi event olahraga berskala Internasional merupakan tantangan tersendiri bagi kalian yang suka olahraga ataupun tidak. Banyak sekali hal-hal yang bisa dipelajari di sini dalam hal persiapan pertandingan, hasil pertandingan, hingga hal-hal lain menyangkut urusan kontingen setiap negara, atlet, pelatih dan staf penting, dan masih banyak yang lainnya.  

Melatih komunikasi dan profesionalisme kerja

Bekerja dalam sebuah multi event olahraga tentu penuh tekanan dan tugas-tugas yang penting. Selain komunikasi dan etos kerja yang baik, masih banyak lagi nilai-nilai profesionalisme yang dapat kita ambil agar bermanfaat di dunia kerja. Ditambah lagi, ini merupakan event skala Internasional. Saya merasakan sendiri ketika bertugas mengurusi segala kebutuhan kontingen Singapura di Sea Games 2011 silam. Menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah sendiri untuk kita dalam menjalankan tugas. Asian Games 2018 akan menjadi batu loncatan yang lebih baik mengingat pesta olahraga ini lebih besar dari Sea Games yang hanya melibatkan negara-negara Asia Tenggara saja.

Banyak mendapat teman baru

Menjadi relawan di sebuah event besar akan dituntut untuk bekerja dalam sebuah tim. Para relawan datang dari berbagai usia, daerah, dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Namun semangat dan kerjasama tim tetap terjaga karena saling membantu dan mendukung merupakan hal yang utama. Senang sekali rasanya mendapat teman baru dan bisa bekerja dengan mereka, dan hingga kini kami masih menjaga hubungan baik dan sesekali beekumpul bersama dalam sebuah pertemuan.

Lebih dekat dengan para atlet berprestasi

Bersama Yongki Aribowo (Dokumentasi Pribadi)
Bersama Yongki Aribowo (Dokumentasi Pribadi)

Sebuah pengalaman yang menyenangkan juga bisa lebih dekat dengan para atlet dan juga orang-orang penting dalam sebuah kontingen negara peserta Sea Games 2011. Meskipun hanya sekadar foto bersama striker timnas Okto Maniani dan Yongki Aribowo atau terllibat obrolan santai dengan mantan pelatih Timnas kita Alfred Riedl di dalam lift, yang saat itu masih menjadi pelatih Timnas Laos di ajang Sea Games 2011. Selain itu, Saya juga berkesempatan bekerja bersama Fisioterapis kece dari tim sepak bola Singapura, Hafizah, yang sangat ramah dan semangat dalam bekerja. Kala itu Saya membantunya mengurusi pengobatan cedera seorang atlet sepak bola Timnas Singapura di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Pendapatan yang "lumayan"

Ini yang paling penting! Tentu saja bayaran yang pantas untuk pekerjaan yang begitu melelahkan selama kurang lebih 16 hari kerja mulai dari persiapan sebelum pembukaan Sea Games 2011 hingga upacara penutupan. Jangan ditanya nominalnya ya! Gaji para relawan Asian Games tentu akan lebih besar dengan sponsor yang lebih banyak lagi. Pastinya para relawan akan merindukan event seperti ini rutin digelar kembali di Indonesia.

**

Lalu bagaimana dengan proses rekrutmennya? Biasanya, proses seleksi relawan multi event olahraga ada 3 tahap. Diantaranya proses seleksi berkas, psikotes, serta wawancara (Hhhmm, seperti rekrutmen perusahaan bonafit saja). Tentu saja, pihak panitia mencari Volunteer alias relawan yang benar-benar “merelakan” waktu dan segala kesibukannya (kuliah ataupun bekerja) sementara untuk bekerja di event ini. Prosesnya memang begitu selektif dan banyak juga orang-orang dari luar kota yang tidak mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Maklum, gelaran akbar seperti ini belum tentu rutin 4 tahun sekali lho di Indonesia.

Jadi, siapkan diri untuk bersaing dengan yang lain ya! Jangan takut dan tidak yakin dengan kemampuan sendiri, karena jika terpilih, kalian akan mendapatkan beberapa pelatihan sebelum akhirnya mendapatkan tugas masing-masing. Semoga terpilih!

Untuk mendaftar relawan Asian Games 2018, silahkan mengunjungi volunteer.jakarta-palembang2018.org. Seluruh informasi lengkap terkait Asian Games 2018 bisa diakses di www.jakarta-palembang2018.org.