Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Tak Hanya Bermusik, Band Primata Juga Berdonasi untuk Konservasi Orangutan

2 Agustus 2018   13:18 Diperbarui: 3 Agustus 2018   00:56 1335 4 1
Tak Hanya Bermusik, Band Primata Juga Berdonasi untuk Konservasi Orangutan
Band Primata (Foto: Istimewa)

Siapa bilang anak band Cuma sibuk manggung dan rekaman saja? Aksi nyata membantu sesama makhluk hidup juga dilakukan oleh para personil band asal Jakarta ini. Siapakah mereka?

Sudah eksis sejak 2014, Primata adalah band beraliran Instrumental Rock yang beranggotakan Adhitomo Kusumo (Bass) dan Rama Wirawan (Gitar), dan Ria Antika (Drum). Meski tanpa vokalis, Primata selalu tampil keren dengan lagu-lagu andalannya di setiap penampilannya. Hingga saat ini, Primata telah sukses menelurkan satu buah mini album dan 4 buah single.

Sesuai nama band-nya, Primata tak hanya ingin eksis dalam bermusik saja, tapi juga melakukan aksi nyata yang bermanfaat bagi siapa saja, khususnya kepada aksi penyelamatan satwa di Indonesia.

Rama sang gitaris berpendapat bahwa Primata berinisiatif menggalang dana demi keselamatan Orangutan yang merupakah satwa khas Indonesia.

Baru-baru ini, Primata merilis single bertajuk "Tebang!" yang diikuti dengan rilisnya merchandise berupa kaos band Primata bergambar Orangutan. Hal inilah yang menjadi aksi nyata Primata dalam membantu aksi sosial penyelamatan satwa liar di Indonesia, salah satunya adalah The Center of Orangutan (COP).

Sebagai bentuk dukungan kepada COP, yang merupakan satu-satunya organisasi konservasi orangutan asli Indonesia, Primata menyisihkan 30 persen dari hasil penjualan merchandise-nya.

Rama Wirawan dari Primata Band dan Hery Susanto dari COP (Foto: Istimewa)
Rama Wirawan dari Primata Band dan Hery Susanto dari COP (Foto: Istimewa)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Donasi dari hasil penjualan merchandise Primata ini secara resmi diterima langsung oleh Hery Susanto selaku Anti-wildlife Crime Coordinator COP pekan lalu (26/7) di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Donasi diserahkan oleh Rama sang gitaris Primata.

"Kami sadar tidak bisa member banyak , tapi kami harap dengan penggalangan dana ini bisa sekaligus menjadi kampanye dalam memperluas kepedulian publik pada nasib satwa liar, khususnya orangutan di Indonesia," jelas Rama.

Sebuah tindakan yang baik dan patut ditiru untuk seluruh musisi di Indonesia. Semoga Primata selalu eksis di belantika musik Indonesia dengan terus berkarya dan melakukan aksi inspiratif lainnya.


Selain tembang teranyar "Tebang!", karya-karya emas Primata lainnya juga bisa didapatkan melalui gerai-gerai musik digital seperti Spotify, Deezer, Apple Music, dan lain-lain. Sukses terus untuk Primata!