Mohon tunggu...
Ardilla Sundari
Ardilla Sundari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Internasional Potensi Utama Medan

Hallo, saya Dilla! Selamat datang di profil saya.

Selanjutnya

Tutup

Medan

Pengaruh Perlintasan Rel Kereta Api bagi Pengguna Jalan di Medan Tembung

4 Juli 2022   02:00 Diperbarui: 4 Juli 2022   08:10 133 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kereta api adalah salah satu alat tranpotasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia kususnya masyarakat yang berada di Medan. Hal ini disebabkan karena faktor lalu lintas di Indonesia terutama di Medan bisa di katakan sangat parah akan kemacetannya. 

Oleh karena itu kebanyakan dari masyarakat di Medan banyak yang memakai alat tranpotasi lain seperti kereta api, karena mudah di jangkau dan harganya pun lebih murah dari alat transpotasi lainnya seperti pesawat atau kapal.

Jalur perlintasan kereta api adalah jalur persilangan antara jalur kereta api dengan jalan raya penguna kendaraan bermotor, baik jalan raya ataupun jalan setapak kecil lainnya. 

Jalur persilangan kereta api pun dapat di temukan di desa ataupun diperkotaan. Jalur perlintasan kereta api terdiri dari perlintasan tak sebidang atau satu jalur dan perlintasan sebidang atau biasa orang sebut sebagai jalur ganda. 

Perlintasan tak sebidang adalah persilangan antara jalur kereta api dengan jalan raya contohnya seperti misal dengan flyover atau underpass. 

Perlintasan sebidang bisa dikatakan juga seperti persilangan antara jalur kereta api dengan jalan raya, yaitu di atas tanah. Persilangan ini banyak ditemukan di pedesaan yang meiliki arus lalu lintas pada jalan hal tersebut pun masih dikatakan jarang.

Transportasi jalan dan kereta api merupakan transportasi darat yang sangat dibutuhkan oleh pengguna jasa karena kedua transportasi tersebut berperan penting dalam mendukung aktivitas masyarakat, baik sebagai angkutan penumpang maupun barang. 

Keberadaan transportasi tersebut harus didukung oleh prasarana transportasi yang baik agar penyelenggaraan transportasi jalan dan kereta api dapat berjalan selamat, lancar dan cepat, nyaman, tertib, dan aman. Keberadaan perlintasan sebidang dapat menimbulkan berbagai masalah, diantaranya kemacetan dan kecelakaan. 

Kemacetan di perlintasan sebidang karena ditutupnya pintu perlintasan untuk mendahulukan perjalanan kereta api sehingga terjadi antrian kendaraan bermotor. 

Kemacetan di perlintasan sebidang dapat juga dipengaruhi oleh kondisi perpotongan jalan rel dengan jalan raya. Seperti contohnya yang terdapat di Jalan Simpang Jodoh, Medan Tembung. 

Dari hasil penelitian saya hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dan kesabaran masyarakat atas lajunya kereta api di perlintasan itu. Ketika palang tertutup, masyarakat banyak yang menutupi jalan dengan melajukan kendarannya dekat dengan palang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan